Resep Scrumble Egg

Scrumble Egg
Scrumble Egg

Aneka Olahan Telur

Telur, si oval ini tentunya tidak pernah lepas dari menu harian atau mingguan emak-emak ya. Mudah didapat, murah, gampang diolah, dan hampir semua orang suka. Telur sering menjadi menu penyelamat dikala kelaparan. Betul apa betul? Tambahin Indomie deh, pasti gak ada yang nolak, hehe. Menu paling digemari masyarakat kita biasanya telur mata sapi atau ceplok dan telur dadar. Telur rebus juga populer, tapi Ummi kurang suka kuning telur yang direbus, hehe. Tapi, kalau telur rebus ini digoreng lagi sebentar hingga membentuk kulit kecoklatan dan dibalado, hmmm, bisa 2-3 butir sekali makan.

Olahan telur favorit Ummi, yaitu telur mata sapi setengah matang. Ketika dipecahkan di atas nasi hangat kuningnya meleleh, slurp, yummy. Jangan lupa ditaburi sedikit garam ketika memasak. Lalu ada telur rebus yang digoreng dan dibalado. Atau telur ceplok yang dibikin jadi semur. Wuihh, enak sekali. Kemudian telur dadar komplit. Komplit maksudnya apa? Dikasih bawang merah, bawang putih, cabe merah yang digiling, daun bawang, dan garam. Simpel ya. Dan satu lagi, rendang telur basah. Dulu saat kecil, mama Umi seringkali bikin rendang telur. Enak deh. Telurnya berempah dan bumbu rendangnya mantap

Rendang telur kering, bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Paliko, Ummi kurang suka. Tapi populer loh. Jadi kalau ada kesempatan jangan lupa untuk mencoba ya. Apalagi ya. Telur pindang pelengkap gudeg, semur ala Betawi, dan yang rada-rada berbau internasional, omelet dan scrumble egg.

Scrumble Egg dan Omelet

Namanya rada susah diucapkan ya. Tapi tenang, membuatnya gampang kok. Hanya butuh telur, garam, merica, susu cair, dan minyak goreng/mentega. Khas makanan western ya. Bumbunya minimalis. Tanpa bawang dan cabe, hehe. Ummi sesekali suka dengan menu ini. Tapi kalau disuruh tiga hari berturut-turut makan menu ini, eneg juga. Beda halnya dengan telur ceplok setengah matang. Tiap pagi buat sarapan juga dijabanin, hehe. Eits, tapi jangan ya. Semua yang berlebihan selalu ada efek negatifnya, sekalipun itu nilai gizinya tinggi. Karena tubuh membutuhkan gizi yang beragam dan berimbang. Eala, back to the topic.

Lalu, apa scrumble egg dan omelet ini sama saja? Sedikit saja perbedaannya. Pertama, bahan. Scrumble egg menggunakan susu cair sedangkan omelet tidak. Kedua, cara membuat. Seperti namanya, scrumble egg dimasak dengan ‘mengacak-acak’ telur hingga bentuknya orak-arik. Itu sebabnya menu ini juga disebut telur orak-arik.

Resep Scrumble Egg ala Ummu Hanif

Di bawah ini resep scrumble egg simpel atau dasar ya. Bisa dikreasikan sesuai selera dengan menambahkan keju, sayur, atau yang lain. Berikut resep scrumble egg ya.

Scrumble Egg

Bahan:

2 butir telur

Garam secukupnya (sesuai selera ya)

Merica secukupnya

50 ml susu cair (sesuai selera, boleh dikurangi, boleh ditambah)

Margarin/mentega/minyak goreng

Cara membuat:

Kocok lepas telur dengan merica dan garam;

Panaskan minyak goreng/margarin/mentega di wajan anti lengket, oleskan merata di wajannya;

Masukkan telur ke dalam wajan dan tuang susu;

Biarkan hingga agak memadat lalu orak-arik telurnya hingga tidak ada lagi bagian yang cair. Pastikan warnanya masih cerah ya. Jangan sampai berwarna coklat seperti telur dadar, hehe;

Sajikan hangat!

Gimana? Mudah ya membuat scrumble egg. Tidak perlu jauh-jauh ke KFC lagi kalau pengen makan. Bikin di rumah aja. Banyak, enak, dan murah, hehe. Motonya Buya nih. Kalau soal makanan, bagi Buya yang penting 3 hal itu. Cari kemana coba yang begitu. Satu-satunya cara ya masak sendiri, hehe.

Selamat mencoba ya…

2018,

Ummu Hanif | Mrs. Rosyidi

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: