Resep Ayam Goreng Laos/Lengkuas

Ayam Goreng Laos/Lengkuas
Ayam Goreng Laos/Lengkuas

السلام عليكم ورحمة الله وبركاثه

Tentang Kenangan Ayam Goreng Laos

Ummi lagi rajin nih. Diusahain posting resep minimal satu per hari. Mohon do’anya supaya Ummi konsisten ya. Resep yang akan Ummi posting dominannya resep menu harian. Menu yang Ummi sajikan untuk keluarga. Eits, jangan disangka tidak akan ada resep kue, puding, jajanan pasar, dan selain menu lauk loh, hehe. Akan ada, tapi tidak semasif menu lauk harian. Jadi sabar-sabar ya. Mm, resep yang Ummi bagi disini tidak semuanya asli dari Ummi ya. Banyak resep-resep dari blog atau website kuliner. Salah satunya resep ayam laos atau ayam goreng lengkuas ini. Ummi menggunakan resep ayam goreng ungkep NCC. Ummi akan menyertakan sumber resep di bagian atas resep. 

Dulu ketika almarhumah Mama masih hidup, Ummi sering nih makan ayam goreng laos ini. Pastinya kalau lagi pulang kampung. Ummi masih ingat jelas ketika pertama kali dibikinin ayam goreng laos oleh almarhumah Mama. Dengan semangat Mama bilang ke Ummi yang baru datang, ‘Wi, Mama ada resep baru! Ayam goreng lengkuas’. Sejak itu, Ummi jatuh cinta dengan olahan ayam goreng ini. Tadinya ketika pertama kali mencoba, Ummi pikir bumbunya itu adalah serundeng kelapa, hehe. Pas dimakan ternyata bukan, unik rasanya.

Waktu berlalu. Sebagai anak kita seringkali lupa bahwa orangtua tidak akan selamanya bersama kita. Saat ajal memisahkan, Ummi sadar, oh, banyak hal yang belum Ummi pelajari dari Mama. Resep-resep beliau yang menemani kami dari kecil hingga dewasa. Resep-resep baru yang tidak henti beliau pelajari dan dengan kegembiraan yang memancar di wajah memasak menu baru andalannya saat kami pulang. Ya, Ummi menyangka Mama akan selalu ada di sana, di rumah kami, tempat kembali dan bercerita. Bernostalgia tentang masa kecil kami dan tempat mencurah resah kehidupan yang dihadapi.

A, jadi curhat. Oho, it’s no matter. Ini diari harian, hehe. Jangan kapok ya. Satu dua episode kehidupan akan Ummi ceritakan di sini. Pastinya bukan aib sendiri dan aib keluarga. Jadi tenang, kita gak ghibah kok di sini. Mm, intinya Ummi tidak mendapatkan resep tersebut dari Mama. Di tahun-tahun setelah kepergian Mama, Ummi tidak menemukan, lebih tepatnya tidak mencari, resep ayam goreng laos ini. Sekali-kali mencicipinya di sana-sini. Tapi tidak berkesan, hehe.

Pencarian Resep Ayam Goreng Laos

Akhirnya karena kangen, Ummi keluarkan jurus pamungkas. Nanya si Mbah, hehe. Pakai kata kunci andalan. Resep Ayam Goreng Laos NCC. Hihihi. Menambahkan kata NCC di belakang nama resep yang kita cari selalu efektif. Kenapa? Karena Mbah Google tidak hanya menampilkan resep dari website NCC saja melainkan juga resep dari anggota NCC. Mereka berbagi resep di blognya setelah memasak sendiri menu tersebut di dapur  mereka. Kadang ada yang mencoba membuat menu di resep berulangkali hingga benar-benar sempurna. Jadi, resep-resepnya sudah pasti lulus uji kelayakan.

Daripada berpanjang kalam, baiklah kita langsung sajikan saja resepnya ya. Untuk percobaan pertama, pastikan untuk menggunakan takaran sesuai resep. Nanti pada percobaan berikutnya baru disesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan begini, kita bisa mengetahui rasa asli dari sebuah resep. Namun begitu, takaran garam biasanya lebih dominan untuk disesuaikan dengan selera masing-masing. Mau menambahkan penyedap, juga silahkan. Tapi rempah yang digunakan di sini sudah memberikan rasa gurih yang khas. Tidak perlu meycin lagi.

Resep Ayam Goreng Laos/Lengkuas NCC

Resep dari website NCC

Bahan:

1 ekor ayam, potong 8

Bumbu, haluskan:

5 siung bawang putih

1 ruas kunyit

1 sdm ketumbar

1 batang lengkuas

1 ruas jahe

3 butir kemiri

1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masukkan ayam ke dalam panci, balurkan bumbu. Pastikan semua bagian ayam mendapatkan bumbu secara rata;
  2. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga keluar air ayamnya dan masak terus hingga matang, angkat, biarkan dingin;
  3. Pisahkan ayam dan bumbu. Goreng ayam dan bumbu dalam minyak banyak yang dipanaskan dengan api kecil secara terpisah. Jangan menggoreng ayam terlalu lama, nanti keras.
Ayam Goreng Laos/Lengkuas yang Baru Diungkep
Ayam Goreng Laos/Lengkuas yang Baru Diungkep

Kalau Ummi, biasanya menggunakan takaran bumbu di atas untuk setengah ekor ayam. Bumbunya jadi banyak, hehe. Tidak selalu harus begitu juga untuk mendapatkan banyak bumbu. Cukup tambahkah jumlah lengkuasnya sesuai selera. Dan, ketika mengungkap ayam, pastikan bagian bawahnya tidak gosong ya. Sesekali aduk agar tidak gosong. Tapi hati-hati ya, jangan sampai ayamnya hancur.

Ketika mengambil foto ini, Ummi membuat satu ekor ayam. Baru digoreng 3 potong. Sisanya disimpan di freezer. Nanti kalau pengen makan ayam goreng lengkuas lagi, tinggal thawing sebentar lalu goreng. Nanti Ummi cerita ya, apakah ada perbedaan rasa ayam yang langsung digoreng dengan ayam yang disimpan dulu di freezer.

Kalau mau menthawing makanan, apapun itu, jangan langsung mengeluarkan dari freezer ke suhu ruang ya. Dari freezer, masuk ke chiller dulu. Jika sudah tidak beku, baru keluarkan ke suhu ruang. Perbedaan suhu yang ekstrim biasanya mempegaruhi tekstur dan rasa makanan.

2018,

Ummu Hanif | Mrs. Rosyidi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: