Resep Telur Puyuh Balado

WhatsApp Image 2018-07-17 at 10.44.03 (1)
Telur Puyuh Balado

Telur Puyuh, Si Kecil Penggugah Selera

Si mini ovel ini dimasak apa aja, enak! Kalau sarapan bubur ayam, sate wajibnya Ummi adalah sate telur puyuh. Sejak dulu, sejak suka sama bubur ayam. Ngomong-ngomong bubur ayam, saat pertama kali mendengar nama makanan bubur ayam saat baru datang ke Jakarta, Ummi pikir buburnya terbuat dari ayam. Dalam pikiran Ummi saat itu, ‘wah, pasti mahal dan enak’, hehe. Ternyata, bubur nasi dengan taburan ayam suir, hehe. Kepolosan masa lalu. Punya pengalaman serupa? Salah paham pada satu nama, eaaa. Kalau ada, boleh berbagi di kolom komentar ya.

Balik ke telur puyuh. Jadi hingga saat ini Ummi sudah mencoba berbagai jenis hidangan yang bahan utamanya telur puyuh. Coba kita list, ya. Sate telur puyuh, semur telur puyuh, telur puyuh balado, gulai telur puyuh, telur puyuh rebus, lalu ada juga jajanan pinggir jalan yang dibuat dari telur puyuh, namanya lupa. Sepertinya pindang telur puyuh juga enak. Mau sekali mencoba membuat resep pindang ini. Baik ikan, telur, daging, atau apapun bahan utamanya. Nanti ya setelah menemukan penjual daun jati di sini. Atau Ummi mau mencari tahu dulu apakah daun jati bisa diganti dengan yang lain.

Balado, Resep Anti Gagal

Resep telur puyuh balado ini sangat simpel. Mudah dibuat dan enak. Resep balado kali ini agak beda dengan resep balado umumnya karena menggunakan tambahan air. Tekstur ladonya sedikit basah. Gurih, pedas, dan rasa manis serta asam dari tomat. Kalau membuat bumbu lado, Ummi suka menambahkan perasan jeruk nipis. Walaupun di resepnya sudah ada tomat. Perasan jeruk nipis memberikan rasa segar yang berbeda. Hanya saja, kali ini Ummi tidak menambahkan air perasan jeruk nipis. Untuk menambah aroma, teman-teman bisa menambahkan daun salam.

WhatsApp Image 2018-07-17 at 10.44.03 (2)
Bahan Membuat Telur Puyuh Balado

Bumbu lado meresap ke telur puyuh karena dimasak lama dalam bumbu dengan api kecil. Air yang ditambahkan saat memasak berfungsi membantu bumbu meresap sempurna ke telur puyuh. Lalu kali ini Ummi menambahkan kacang panjang sebagai pelengkap. Hehe, kebiasaan orang Minang, selalu ada pendamping bahan utama dalam satu masakan. Kentang cocok dicampur dengan teri, ikan sepat asin, dendeng, atau telur puyuh. Semuanya balado. Kentang dan telur puyuh gulai juga cocok.

Kenapa ya orang Minang suka memadu-padan bahan utama dan pelengkap dalam satu menu? Alasan umumnya Ummi belum tahu. Tapi di dalam keluarga Ummi, fungsinya untuk memperbanyak lauk. Kami berempat bersaudara. Kalau lauk tidak dicampur dengan pendamping, butuh berapa lauk utama untuk sekali makan. Intinya untuk berhemat. Jika seharusnya sekali makan satu anak butuh dua potong ikan, dengan tambahan terung misalnya, sepotong ikan lainnya dapat diganti dengan lima potong terung, hehe. Selain karena kondisi keuangan keluarga, ada etika yang sudah menjadi adat di kampung Ummi. Tidak baik makan nasi dengan dua potong lauk sekaligus.  Tidak sopan. Sekarang sudah berubah.

Resep Telur Puyuh Balado

Bahan:

1 boks telur puyuh, 30 butir

5 buah kacang panjang, potong sepanjang 3 cm

Bumbu balado:

100 gram cabe merah keriting

200 gram tomat

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

Minyak secukupnya

50 ml air rebusan cabai/air kaldu

Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus telur puyuh hingga matang, kupas, sisihkan;
  2. Rebus semua bumbu balado hingga tomat mengelupas, angkat, tiriskan, biarkan uap panasnya hilang;
  3. Haluskan bumbu;
  4. Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, masak hingga matang;
  5. Masukkan telur puyuh dan kacang panjang, aduk hingga rata;
  6. Tuang air rebusan cabe/air kaldu dan beri sedikit garam. Tutup wajan;
  7. Masak dengan api kecil hingga air mengering dan bumbu meresap. Koreksi rasa, tambahkan garam jika perlu.
WhatsApp Image 2018-07-17 at 10.44.03
Telur Puyuh Balado

Saat memasak bumbu dan ketika air sudah dimasukkan, jangan lupa untuk mengaduk ya. Jangan sampai bagian bawahnya gosong. Minyak goreng yang digunakan bukan untuk menumis tapi menggoreng. Jadi jumlahnya agak banyak. Bumbu balado dibuat dengan menggorengnya di dalam minyak yang cukup banyak. Jika minyak kurang, rasa pedasnya agak menyengat. Secukupnya ya, jangan juga berlebihan.

Tips Mengupas Telur Puyuh

Mengupas telur puyuh biasanya menjadi PR sendiri. Kecil dan banyak, hehe. Adakalanya saat mengupas telur, tangan kanan malah khilaf memasukkan telur yang sudah dikupas ke dalam mulut. Saat tugas selesai, telur tinggal separuh, hehe. Kalau mengalami hal serupa, pastikan saja untuk merebus telur puyuh dalam jumlah yang cukup untuk resep dan untuk camilan tukang kupas telur. Atau, Ummi mau berbagi satu tips untuk mempercepat mengupas telur puyuh.

Masukkan telur puyuh yang sudah direbus ke dalam wadah plastik atau kaca. Tutup. Pegang wadah dengan kedua tangan, goyang (guncang) ke kiri dan ke kanan dengan keras. Atas bawah juga boleh. Sebaiknya goyang ke arah empat sisi tersebut. Goyang hingga beberapa kali dan buka tutup wadah. Coba ambil 1 telur dan kupas. Kalau berhasil, kulit telur puyuh akan sangat gampang dikupas. Karena goncangan atau goyangan yang keras tadi kulit telur ari telur lepas dari telur. Selamat mencoba ya. Tapi tetap ada yang berakhir di mulut, hehe.

2018,

Ummu Hanif | Mrs. Rosyidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: