Resep Kue Kering Nastar

Nastar
Nastar
Sejarah Nastar Nusantara

Kue nastar digolongkan ke dalam jenis kue kering walaupun teksturnya basah. Lalu, apakah aslinya kue ini memang masuk dalam kategori kue kering. Setelah membaca beberapa referensi, kami menemukan bahwa kue nastar yang kita kenal saat dini asal muasalnya adalah tart atau pie. Nastar adalah modifikasi rakyat Indonesia terhadap tart atau pie orang (penjajah-waktu itu) Belanda. Di Eropa, tart ini biasanya diisi dengan blueberi atau apel. Dibuat dalam ukuran besar. Lalu ketika hendak disajikan, akan dipotong menjadi ukuran personal, serupa potongan pizza. Menurut kebiasaan orang Eropa, penganan ini disajikan waktu minum teh. Mereka punya kebiasaan minum teh di sore hari.

Saat itu di Indonesia susah sekali ditemukan blueberi dan apel. Sehingga kue ini menjadi sangat mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Entah atas prakarsa siapa, tart ini dibuat dengan isian nanas. Aslinya disebut Ananas/Nanas Tart yang akhirnya disingkat menjadi nastar. Sampai saat ini tidak yang tahu siapa yang pertama kali mempopulerkannya. Mungkin saat pertama dibuat bentuknya sama seperti tart pada umumnya. Lalu bagaimana tart ini bisa berubah menjadi kue kering bulat dengan isian selai nanas? Itupun tidak ada catatan sejarahnya.

Modifikasi Kue Nastar

Bentuk, isian, dan hiasan kue nastar terus berubah-ubah sejalan dengan waktu. Waktu kecil dulu, kami sering melihat kue nastar ini dikasih topping cengkeh. Aromanya khas memberikan sentuhan rasa rempah ke dalam kue yang manis ini. Hingga saat ini, kue nastar jenis ini yang menjadi favorit kami. Ada juga nastar bentuk daun. Membuatnya butuh ketelatenan dan kesabaran luar biasa. Mencubit adonan nastar yang sudah diisi dan dibentuk dengan alat pembentuk daun. Satu persatu, membentuk tulang daunnya. Karena asal mulanya kue ini adalah pie, ada juga yang membuat nastar keranjang. Dibuat dengan cetakan pie mini ukuran 3 cm. Yang paling khas tentu saja olesan kuning telur. Apapun bentuk nastarnya, tanpa olesan kuning telur, bentuknya kurang sedap dipandang.

ٍSekarang, kue nastar tampil dengan aneka bentuk karakter. Untuk menyempurnakan bentuk karakternya, adonan nastar diberi warna sesuai dengan warna karakter yang menjadi inspirasi. Beberapa lebaran belakangan populer nastar bentuk angry bird dengan warna merah menyala. Nastar hello kitty, nastar piggy, nastar keropi, nastar doraemon. Olesan kuning telur tidak lagi menjadi ciri khas kue nastar karakter. Silahkan sebut nastar karakter yang lain di kolom komentar ya, hehe.

Kami sempat meodifikasi nastar menjadi bentuk doggy. Warnanya tetap sama. Hanya diberi topping sereal choco crunch untuk telinga, choco chip untuk hidung, dan meises untuk mata. Tentang isian, kami pernah membuat nastar berisi cokelat button yang meleleh ketika digigit. Hanya saja bentuknya tidak lagi bulat sempurna melainkan menjadi gepeng karena ketika dipanggang, cokelatnya leleh. O, dengan isian yang berbeda ini seharunya namanya bukan lagi nastar ya. Apakah menjadi choctar?

Mm, baru saja terlintas ide di kepala kami. Seharusnya si nastar doggy dibuat dengan isian cokelat. Dengan begitu rasanya menjadi ‘nyambung’. Mari kita buat nama barunya, doggy choctar. Setuju? Udah, setuju saja. Kalau punya ide lain, jangan lupa kolom komentar terbuka lebar, hehe.

WhatsApp Image 2018-07-18 at 15.52.24 (3)
Nastar
Resep Kue Nastar

Resep kue nastar yang kami pakai hinnga saat ini adalah resep dasar dari web NCC-Indonesia. Hanya saja kami melakukan sedikit modifikasi di sana sini untuk menyesuaikan dengan selera. Berikut ini kami berikan resep asli ya.

Bahan:

  • 250 gram mentega
  • 250 gram margarin
  • 100 gram gula halus atau tepung gula
  • 4 butir kuning telur
  • 700 gram terigu, ayak bersama
  • 4 sdm susu bubuk full cream

Bahan olesan:

3 butir kuning telur, kocok lepas bersama

1 sdt susu cair

Bahan selai:

4 buah nanas palembang, parut

200 gram gula pasir, sesuaikan dengan selera

1 sdt garam

1 potong kayu manis

Cara Membuat Adonan Kue Nastar
  1. Kocok mentega, margarin, gula, dan telur sebentar saja asal tercampur rata;
  2. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata hingga menjadi adonan yang siap dibentuk;
  3. Ambil adonan seberat 7 gram, tipiskan di telapak tangan. Isi dengan selai nanas seberat 5 gram, bulatkan, tata di dalam loyang. Jangan lupa perhatikan jaraknya;
  4. Oven dengan suhu 140’C hingga selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan, biarkan uap panasnya hilang;
  5. Poles nastar dengan bahan olesan. Lakukan hingga 2 kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna;
  6. Panggang lagi hingga mengkilat dan matang. Sesuaikan tingkat kematangan dengan warna nastar yang diinginkan;
  7. Angkat, biarkan dingin, dan tata di dalam toples kedap udara.
Cara Membuat Selai Nanas:
  1. Masak nanas yang sudah diparut (jangan lupa menyertakan airnya) dengan garam dan kayu manis hingga airnya kering;
  2. Tambahkan gula dan masak hingga kering dan liat. Angkat, biarkan dingin, dan simpan di dalam wadah kedap udara.
Tips Membuat Kue Nastar

Di sini kami mau berbagi tips singkat ya. Kalau sempat, nanti akan dibuatkan postingan khusus tentang ini. Ketika membuat adonan, pastikan tangan tidak bersentuhan langsung dengan adonan. Begitu juga ketika menggulung nastar dengan selai. Biasakan menimbang adonan dan selai agar bentuk nastar menjadi sama besar. Untuk mempermudah pekerjaan, bentuk selai nanas sehari sebelum membuat kue nastar. Bentuk selai sesuai bentuk nastar yang dibutuhkan, simpan di dalam wadah kedap udara, dan simpan di dalam kulkas. Keluarkan sedikit-sedikit pada saat membentuk kue nastar. Jangan lupa satu hal yang paling penting, selalu kenali oven masing-masing. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi pengalaman di kolom komentar ya.

Pamulang, 2018

*Edited 10 April 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: