The Cheesecake Factory-Almond Tree

Kemasan Cake Almond Tree
Kemasan Cake Almond Tree

The Cheesecake Factory, Then

Bagi penggemar cake yang kaya krim keju, nama The Cheesecake Factory pasti tidak asing di telinga. Cake yang dijual di toko mereka hampir semuanya menggugah selera. Walaupun harus dikatakan harganya menarget kalangan menengah atas saja. Perlu ditegaskan, golongan menengahnya yang sudah di tengah atau hampir ke atas ya. Kalau golongan menengah yang berbatasan dengan kategori miskin, tetap akan susah mengusahakan rupiah sejumlah harga sepotong cake The Cheesecake Factory. Ya, jika penghasilan sehari Rp 11,000 baru dimasukan ke dalam kategori miskin, rakyat yang menghasilkan uang Rp 15,000 sudah masuk golongan menengah, sayang belum mampu membeli sepotong cake disini dari penghasilan harian mereka. Ooops, keserempet dikit.

Balik ke topik ya. Ummi mulai mengenal produk The Cheesecake Factory ketika bekerja sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah. Saat itu ada kebiasaan memberikan kue ulang tahun kepada rekan kerja yang berulangtahun. Nah, seringnya cake dari toko kue ini yang jadi andalan. Tadinya Ummi tidak begitu menyukai keju. Tidak menyukai karena jarang mengkonsumsinya, mungkin. Sejak mengenal cheesecake dari toko kue ini, Ummi jadi suka keju dan beragam olahan makanan yang mengandung keju. Boleh dikatakan selera Ummi mulai bergeser, dari penggemar berat makanan bercoklat menjadi pecinta makanan yang ada kejunya. Sepetinya faktor umur mempengaruhi, hehe.

Selain membeli dari toko kue The Cheesecake Factory, Ummi juga pernah membuat cheesecake di rumah. New York cheesecake. Resep ini sangat populer di grup masak Natural Cooking Club (NCC). New York cheesecake bisa diberi berbagai toping seperti stroberi, bluberi, campuran buah, mangga, dan lain-lain. Di The Cheesecake Factory, toping ini kemudian diambil menjadi bagian dari nama cheesecakenya. Dasarnya adalah satu resep, New York Cheesecake. Lalu ada juga cheesecake yang lebih light, Japanese Cotton Cheesecake. Cake yang berasal dari negara Jepang rata-rata bertekstur lembut seperti kapas dan rasanya ringan. Kenapa begitu, lain kali Ummi bahas di posting terpisah ya.

Strawberry Cheesecake Almond Tree
Strawberry Cheesecake Almond Tree

Almond Tree, Now

Saat pindah ke Pamulang, Ummi mencoba memesan cheesecake melalui aplikasi GoFood dari GoJek. Saat itu sempat kebingungan karena toko The Cheesecake Factory tidak muncul. Lalu, Ummi mencoba mencari nama makanan. Ketika mencari cake dengan kata strawberry cheesecake, muncullah satu toko bernama Almond Tree. Ummu cukup familiar. Ya, toko ini berlokasi di Ciputat, sebelum SPBU dari arah Pasar Ciputat. Ada di sebelah kiri jalan. Fotonya Reza Rahadian menggantung sangat besar di papan iklan mereka. Yakin, akhirnya Ummi memesan. Menu yang mereka hadirkan di aplikasi GoFood sangat familiar, sama seperti The Cheesecake Factory.

Ketika cake datang, Ummi sangat terkejut dan juga senang, kemasannya dan tas plastiknya berlabel The Cheesecake Factory. Selain senang karena rasanya tidak akan berbeda, Ummi bingung. Ini ada apa? Nama toko Almond Tree, merk boks cakenya The Cheesecake Factory. Saat itu langsung terlintas ide. A, The Cheesecake Factory pasti membuka anak perusahaan baru dengan brand Almond Tree. Rasa penasaran berhenti sampai di situ dan Ummi membeli kue dari toko mereka beberapa kali sepanjang tahun. Hingga suatu ketika muncul lagi rasa penasaran. Saat itu akhirnya Ummi tahu bahwa Almond Tree adalah brand baru dari The Cheesecake Factory. Dalam bahasa yang sederhana, mereka mengganti nama.

Setelah mendapat informasi ini, rasa penasaran semakin menjadi. Mengapa mereka harus mengganti nama yang sudah menempel di otak pecinta cheesecake ini? Setelah menyelam di kedalaman yang cukup dangkal, Ummi bisa memberikan sedikit informasi seputar penggantian nama ini.

Jadi, The Cheesecake Factory ini sudah ada sejak lama di Indonesia. Merk mereka sudah terdaftar dan brandingnya di kepala konsumen sudah paten. Jika ingat cheesecake, kita akan ingat The Cheesecake Factory. Mereka memiliki sejarah dan perjuangan yang cukup panjang. Sayangnya, di Indonesia kemudian ada yang membuat toko kue dengan nama yang hampir sama, Cheese Cake Factory. Bisa membedakan? Ya, The-nya tidak digunakan dan Cheese dipisah dengan Cake. Dan yang lebih mengagetkan, mereka pun mendapatkan hak paten dari HAKI. Olala…

Kira-kira siapa yang suka menjiplak begini?

Lantas, manajemen The Cheesecake Factory mengajukan gugatan terhadap Cheese Cake Factory hingga tingkat Kasasi yang semua Putusannya menolak gugatan The Cheesecake Factory karena dinilai tidak melanggar aturan seputar hak merk dan paten. Untungnya mereka perusahaan besar ya. Saat ada kejadian seperti ini mereka dapat mengatasinya dengan cerdas. Mereka mengganti nama The Cheesecake Factory menjadi Almond Tree. Sebagai spoke person, mereka menggandeng Reza Rahadian yang saat itu sedang menjadi idola di Indonesia. Rebranding mereka sepertinya berhasil. Manajemen Almond Tree menegaskan bahwa penggantian nama juga memberi pesan bahwa toko kue mereka tidak hanya menjual cheesecake sebagaimana stigma yang selama ini melekat karena nama yang lama. Cukup bagus sebagai counter-attack. Ya, inilah yang disebut mengubah tantangan menjadi peluang.

Strawberry Cheesecake Almond Tree
Strawberry Cheesecake Almond Tree

Etika Bisnis

Ummi menyayangkan penolakan terhadap gugatan mereka. Walaupun nama yang digunakan tidak persis sama, kemiripan nama yang luar biasa akan membingungkan masyarakat. Saat di kantor dulu, kami juga selalu menyebut toko ini dengan nama Cheesecake Factory saja. Bukan nama lengkap The Cheesecake Factory. Efeknya apa? Saat masyarakat tidak teliti membedakan nama, mereka akan mengganggap dua toko ini adalah sama saja. Lalu, ketika produk atau pelayanan salah satu toko mengecewakan, masyarakat secara otomatis akan memberi penilaian yang sama. Tentu ini merugikan salah satu pihak.

Kasus yang sama pernah terjadi pada salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang, Indah Cargo. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa langsung nyamper si mbah ya.

Persoalan hukum Indonesia yang kadang tidak memberikan rasa keadilan terhadap masyarakat adalah satu masalah. Persoalan lain adalah mengenai etika bisnis. Tidak pantas bila kita menggunakan nama atau brand yang sudah populer untuk mendongkrak kesuksesan bisnis kita. Walaupun ada satu konjungsi yang dihilangkan. Kenyataan bahwa mereka menggunakan nama yang mirip dan bergerak di bidang yang sama, sungguh mengecewakan.

Note:

Kasus ini sudah cukup lama terjadi dan Ummi baru sadar penggantian nama ini tahun 2018. Padahal sepanjang kasus itu terjadi hingga nama diganti, Ummi seringkali membeli cake mereka, hehe.

2018,

Ummu Hanif | Mrs. Rosyidi

2 thoughts on “The Cheesecake Factory-Almond Tree

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: