Kurma Muda Kuning/Fresh Barhi

Kurma Muda Kuning
Kurma Muda Kuning

Kurma muda warna kuning walaupun belum banyak tapi sudah mulai familiar bagi orang Indonesia, terutama bagi yang sedang menjalankan program hamil (promil), ibu mengandung, dan ibu menyusui. Salah satu sebab populernya kurma muda adalah faktor religius. Bagi umat Islam, mengkonsumsi buah kurma merupakan bagian dari mencontoh kehidupan Rasulullah SAW. Alasan berikutnya, tentu saja seperti kita singgung di atas, sebagai alternatif promil bagi pasangan yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia. Lantas, sebenarnya apa saja kandungan nutrisi di dalam buah padang pasir ini? Benarkan manfaatnya hanya untuk promil saja?

Sekilas tentang Buah Kurma Muda

Ada tiga jenis kurma muda yang beredar di Indonesia, sejauh pengetahuan Ummi saat membeli kurma ini. Kurma muda hijau, kurma muda kuning, dan kurma muda merah. Namun ternyata ada kurma muda lain, yaitu kurma pirang. Apakah 4 kurma ini merupakan satu jenis? Setelah membaca beberapa sumber, Ummi dapat menyimpulkan bahwa kurma kuning (fresh barhi), kurma merah (fresh zaghlol), dan kurma pirang (fresh samani) adalah 3 jenis kurma yang berbeda. Sementara kurma hijau adalah kurma yang muda yang nantinya akan berubah warna menjadi salah satu dari tiga kurma diatas. Kurma hijau akan menjad fresh barhi, kurma kuning jika mereka adalah satu jenis. Begitu juga yang lainnya.

WhatsApp Image 2018-07-19 at 12.30.43
Kurma Muda Kuning/Fresh Barhi

Kemudian, apakah kurma muda sama dengan ruthob, sebagaimana umum diketahui? Tidak sama. Ruthob adalah fase dimana kurma muda ini menjadi matang dan berubah warna menjadi coklat terang. Buahnya menjadi lembut, basah, dan manis. Rasa ruthob berbeda-beda sesuai dengan jenis kurmanya. Sama seperti kurma muda merah, kuning, dan pirang. Rasanya manis, segar, dan sedikit sepat. Tapi masing-masing jenis memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Ummi sudah mencoba kurma hijau. Rasanya pahit dan sepat. Hampir tidak ada rasa manisnya. Dalam tahapan perkembangan buah-buahan, kurma hijau berada pada fase putik yang hendak berubah menjadi buah muda. Kesimpulannya, Ummi dan Buya tidak menyukai rasanya, hehe. Kurma kuning dan merah juga sudah kami coba. Soal selera, kami lebih menyukai kurma kuning.

Nutrisi dan Khasiat Kurma Muda

Sudah umum di Indonesia bahwa kurma muda hijau, kuning, dan merah dipercaya berkhasiat untuk promil, membantu menguatkan rahim, dan memperlancar proses kelahiran. Saat ini kami juga sedang menjalani promil tanpa obat-obatan kimia. Karena kurma ini sangat populer, kamipun ikut mengkonsumsinya sebagai salah satu usaha. Agar usaha tidak sia-sia, Ummi berusaha mencari informasi sebanyak dan seakurat mungkin tentang promil kurma muda ini. Ada banyak artikel yang menyebut khasiat kurma muda, rata-rata adalah online shop yang menjual kurma dan obat herbal. Rata-rata pula menjelaskan khasiat kurma muda sebagai berikut:

  1. Untuk program hamil, dikonsumsi wanita dan pria. Sebagian bahkan ada yang mengkhususkan kurma kuning dan hijau untuk wanita dan kurma merah untuk laki-laki;
  2. Kurma hijau berkhasiat untuk mencegah pendarahan, memperlancar persalinan, dan asi booster;
  3. Kurma muda juga dipercaya berkhasiat mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit dan mata. Meningkatkan daya ingat, serta mencegah stroke;
  4. Kandungan nutrisi dalam buah kurma muda seperti fruktosa, protein, serat, fiber, folat, vitamin K, besi, kalium, dan magnesium disebut-sebut sebagai buah yang ampuh untuk mengobati banyak penyakit.

Tidak puas sampai di sini Ummi mencari bahan bacaan lebih jauh dan menemukan artikel yang berbeda. Penulisnya juga seorang penjual kurma. Dalam artikel tersebut dijelaskan kegelisahan yang bersangkutan dengan maraknya info tentang khasiat ampuh kurma muda sebagai sarana promil. Di artikel tersebut dijelaskan bahwa semua khasiat yang dijelaskan belum terbukti secara ilmiah. Di negara asalnya, kurma muda tidak dikonsumsi untuk promil. Untuk membantu promil, ruthoblah yang dikonsumsi. Mereka bahkan sama sekali tidak memakan kurma hijau karena rasanya yang pahit dan sepat. Lalu kenapa di Indonesia berbeda?

WhatsApp Image 2018-07-19 at 12.30.43 (1)
Kurma Muda Kuning/Fresh Barhi Dijual Masih Utuh dengan Tangkainya

Pogram Hamil

Terlepas dari perbedaan pendapat di atas dan fakta bahwa belum ada penelitian tentang khasit kurma muda untuk promil, satu hal yang pasti bahwa setiap calon ibu wajib berikhtiar dengan meyakini bahwa ikhtiar apapun yang ditempuh, keberhasilan hamil adalah sepenuhnya hak Allah SWT.

Salah satu usaha yang harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Kurma muda sebagai salah satu buah segar tentu masuk dalam daftar makanan yang bagus untuk dikonsumsi. Berolahraga secara teratur, menghindari begadang serta menjaga berat badan ideal, juga merupakan bagian dari usaha promil. Soalan ini dapat pula kita baca dalam banyak artikel.

Ummi ingin berbagi sedikit hasil bacaan yang saat ini masih Ummi baca (belum selesai) tentang pengasuhan anak. Di bagian awal buku tersebut dijelaskan bahwa promil yang paling ampuh dan mujarab adalah memperbanyak istighfar dan sedekah. Berikut haditsnya, yang diriwayatkan oleh Abu Hanifah dalam Musnadnya dari Jabir bin Abdillah RA:

انه جاء رجل من الانصار الى النبي صلى االه عليه وسلم فقال يا رسول الله, ما رزقت ولدا قط, ولاولد لى. قال صلى الله عليه وسلم

فاين انت من كثرة الاستغفار وكثرة الصدقة ترذق؟ قال فكان الرجل يكثر الصدقة ويكثر الاستغفار, فولد له تسعة ذكور

Bahwasanya ada seorang Anshor yang datang menghadap Nabi SAW dan berkata, “wahai Rasulullah, aku tidak diberi anak dan aku tidak memiliki anak seorang pun”. Beliau SAW bersabda, “dimana kamu dengan banyak beristighfar dan sedekah yang dengannya kamu diberi akan diberi anak?” Maka orang itu pun memperbanyak istighfar dan sedekah. Dia pun mendapatkan sembilan anak laki-laki.

Usaha maksimal, meminta ampunan kepada Allah, dan banyak bersedekah adalah formula paling ampuh untuk mendapatkan keturunan. Jika semua itu sudah dilaksanakan dengan sebaik mungkin ternyata Allah belum berkehendak maka jangan pernah berburuk sangka kepada Allah. Tentang ini, Ummi akan bahas nanti di postingan terpisah. Sekali lagi, Allah berhak menentukan, apakah kita akan diberikan anak perempuan atau anak laki-laki. Allah juga yang berhak untuk tidak memberi kita anak dalam kehidupan ini. Sesungguhnya artikel ini lebih pada pengingat diri sendiri.

Jika ada yang hendak berbagi seputar promil dan pengalaman mengkonsumsi kurma muda, boleh tinggalkan komentan ya.

2018,

Ummu Hanif | Mrs. Rosyidi

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: