Pentingnya Kemasan atau Packaging Produk

Kotak/Box/Kemasan/Dus Coklat Praline Isi 3
Kotak/Box/Kemasan/Dus Coklat Praline Isi 3

Perkembangan teknologi turut mempengaruhi pola konsumsi. Pengaruh dunia maya sangat besar terhadap pertimbangan calon konsumen dalam memilih produk. Sebagaimana kita ketahui, belanja online sangat berbeda kondisinya dengan belanja langsung ke toko. Walaupun menawarkan kemudahan, membeli produk secara online juga butuh kehati-hatian agar tidak terjebak membeli produk yang tidak sesuai dengan harapan. Sebagai pertimbangan utama, konsumen seringkali memutuskan membeli produk setelah melihat foto produk, membandingkan harga, dan membaca testimoni.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli, sebagai produsen, kita perlu memperhatikan aspek visual, foto produk. Foto produk yang dibuat secara asal-asalan tidak menarik minat pembeli. Sebaliknya, foto yang eye-catching selalu menjadi idola. Tapi ingat, jangan menggunakan aplikasi editing berlebihan karena jika foto dan produk berbeda, konsumen akan kecewa dan tidak kembali lagi. Untuk itu, agar foto produk dapat dibuat dengan cantik, kita butuh produk asli yang cantik. Selain produk yang menarik, salah satu cara membuat produk terlihat berkelas dan mahal adalah dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

Sebelum membuat kemasan yang cocok untuk produk kita, ada beberapa yang perlu diperhatikan, yaitu fungsi kemasan dan hal-hal yang perlu kita pertimbangkan ketika hendak memproduksi kemasan.

Box Brownies Menggunakan Kertas Samson
Box Brownies Menggunakan Kertas Samson

Melindungi Produk dari Kerusakan

Fungsi utama kemasan adalah melindungi produk dari kerusakan. Pastikan kemasan yang digunakan dapat berfungsi maksimal menjaga produk tetap aman selama proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen. Terkait dengan hal ini, yang perlu diperhatikan adalah bahan kemasan. Produk makanan berkuah, tentu lebih cocok menggunakan kemasan anti air dan minyak. Sedangkan makanan kering, memberikan kita keleluasaan dalam memilih bahan kemasan. Tersedia banyak jenis kemasan di luar sana yang cocok untuk mekanan kering. Seperti mika, plastik, dan kertas. Kemasan berbahan dasar kayu bisa menjadi pilihan untuk produk-produk etnik.

Kemasan Produk sebagai Ciri Khas

Saat ini, hampir tidak mungkin memproduksi suatu produk tanpa ada pesaing. Coba googling sebentar saja. Tulis jenis produk yang kita produksi di kolom pencarian Google. Kita akan menemukan banyak sekali produk sejenis dari produsen lain. Bentuk, kemasan dan iklan yang mereka hadirkan sangat variatif dan kreatif. Namun demikian, bukan langkah bijak jika tiba-tiba mundur hanya karena sudah banyak saingan. Persaingan dapat menjadi pecutan yang membuat kita lari lebih kencang.

Hal yang paling penting adalah mengenali secara keseluruhan produk yang kita jual, A-Z. Kita harus bisa menjawab pertanyaan konsumen tentang produk langsung setelah konsumen mengatupkan mulut selesai bertanya. Di sinilah kekuatan utama seorang produsen. Tidak hanya kenal, tetapi juga bangga dengan produk sendiri. Dari sana, rasa percaya diri akan lahir.

Selanjutnya, buat produk kita menjadi produk yang gampang diingat dan memiliki ciri khas sendiri. Walaupun ada banyak produsen produk yang sama di luar sana, ketika kita memiliki ciri khas, konsumen akan dengan mudah mengingat. Di sinilah fungsi lain dari kemasan. Tonjolkan kelebihan produk, misal pemilihan warna, design, bentuk, dan bahan. Tekankan perbedaan mendasar berikut keuntungan produk kita dibanding produk serupa lainnya.

Memberikan Informasi Akurat tentang Produk

Kemasan produk berfungsi untuk memberik informasi kepada konsumen. Ada banyak hal yang harus ada pada kemasan, seperti bahan/material produk atau komposisi dalam makanan. Sertakan juga informasi seputar proses produksi. Produsen yang transparan lebih disenangi konsumen. Kemudian yang tidak kalah penting, tagline atau motto. Cari tagline yang sesuai dan mengena di hati konsumen. Jika dalam percakapan sehari-hari konsumen menyebut tagline produk kita, tandanya promosi kita berhasil. Tagline produk Tolak Angin, ‘Orang Pintar, Minum Tolak Angin’, seringkali  kita pelesetkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kita sadari, disaat masuk angin, kita spontan teringat produk tersebut. Begitulah otak manusia bekerja. Maka, sebagai produsen, tugas kita membuat tagline produk melekat di otak bawah sadar konsumen.

Kemasan Produk Harus Memberikan Kesan Positif

Kemasan produk harus memberikan rasa nyaman kepada konsumen. Di luar sana ada banyak kemasan minuman dengan bentuk yang lucu hingga aneh. Jika dipelajari lebih lanjut, mereka memiliki landasan dan alasan yang kuat, walau kadang tidak masuk akal, kenapa memilih desain tersebut. Coca Cola membuat kemasan minuman yang sekilas memang handy sesuai iklannya. Mungkin tidak banyak orang sadar bahwa kemasan terbaru menyebabkan jumlah isi minumannya berkurang. Hal itu bertujuan untuk mengurangi biaya produksi sehingga harga produk tidak usah naik. Nah, kemasan yang handy inilah yang mereka tonjolkan di dalam iklan untuk membentuk citra positif.

Coba kenali produk kita dan carilah kesan positif apa yang kiranya bisa kita tonjolkan pada kemasan produk. Ramah lingkungan misalnya. Maka gunakan kertas daur ulang sebagai bahan utama kemasan. Reusable, pastikan bahan kemasan tidak mudah terkontaminasi oleh produk dan memang dapat digunakan oleh konsumen dalam jangka waktu tertentu. Kemasan produk yang reusable bahkan bisa menjadi sarana promosi gratis. Ketika konsumen membeli produk kita, memanfaatkan kemasannya di rumah, maka setiap kali konsumen melihat kemasan produk kita, secara tidak langsung hal tersebut tertanam di dalam otak konsumen.

Memberikan Kekuatan

Semua fungsi di atas jika dimaksimalkan akan menjadi kekuatan produk kita. Kemasan produk yang memenuhi tujuan-tujuan di atas mampu memprovokasi perasaaan dan sisi emosional konsumen. Gambar dan design yang menarik serta memberikan perasaan familiar berperan sangat besar dalam memenangkan hati konsumen.

Ummu Hanif

Mrs. Rosyisi

 

Iklan

LittleBig @pralineboxjakarta dapat membantu teman-teman untuk memproduksi kemasan yang diinginkan. Yuk, kepoin ig di atas. Atau langsung saja ke Tokopedia Littlebig Box untuk membeli produk ready stock.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: