Resep Kolak Biji Salak

WhatsApp Image 2018-07-28 at 12.03.41 (6)
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak, dari Rp 5,000 hingga Rp 50,000

Menu takjil ini sangat populer. Setiap sore di sepanjang jalanan ibukota, kita bisa menemukan para pedagang, yang rata-rata dadakan, menjajakan kolak biji salak. Harganya cukup murah, Rp 5,000 saja. Tentu jangan tanya rasa, hehe. Biasanya kolak biji salak yang dijual seharga di atas dengan volume 1 gelas plastik, kuah santannya sangat light. Bisa kita katakan, susah menemukan rasa santan di dalamnya, hehe. Begitulah, ada harga ada rasa bukan?

Posting terbaru resep kolak biji salak dengan foto dari blog lama ada di sini ya.

Beda lagi dengan kolak biji salak yang dijual dengan harga Rp 30,000 atau lebih semangkok kecilnya. Rasa, seharusnya enak ya. Karena sekali lagi, harga biasanya tidak pernah bohong. Nah, kolak seharga Rp 30,000 tentu tidak mahal jika dibeli untuk sendiri, belinya tidak tiap hari! Kebayang dong, kalau harus beli kolak untuk 1 keluarga yang anggotanya 6-10 orang. Hitung sendiri saja ya berapa yang harus dikeluarkan untuk takjil.

Loh, kok malah jadi hitung-hitungan, hehe. Biasa dong, kalau emak-emak kan suka gitu ya. Kami yang tidak berasal dari kalangan high-end harus pintar-pintar mengelola keuangan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi. Zakat, sedekah, infaq, hadiah, kado, adalah bagian dari kebutuhan. Jangan sampai lupa ya. Tabungan akhirat harus selalu jadi yang utama.

Nah, ini malah jadi ngomongin agama. Tidak apa ya. Setiap sisi kehidupan kita tidak lepas dari Islam. Makan, kita bersyukur, lantas berdo’a sebelum dan sesudahnya. Hendak berkendara, kita bersyukur, lantas berdo’a sebelum dan sesampainya. Hari-hari kita diisi dengan syukur dan sabar. Dan penting pula untuk saling mengingatkan sesama saudara, ya kan?

Balik lagi ke kolak biji salak. Daripada mengeluarkan uang Rp 200,000 untuk takjil sekeluarga, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Lebih sehat dan pasti halal karena kita yang memilih dan mengolah sendiri bahan-bahannya. So, kita bicara resep, sekarang.

Resep Kolak Biji Salak

Resep kami dapat dari Blog Mba Hesti

Bahan biji salak:

500 gram ubi kuning, kupas, kukus, lalu haluskan selagi panas

100 gram tepung kanji/tapioka

1/2 sdt garam

Bahan saus gula merah:

250 gram gula merah

1/2 sdt garam

600 ml air

2 lembar daun pandan, ikat

2 sdm tepung sagu/tapioka, larutkan dengan sedikit air

Bahan saus santan, rebus hingga mendidih sambil di aduk:

250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

1/2 sdt garam

2 lembar daun pandan, ikat

Cara membuat:

  1. Campur ubi kuning yang sudah dihaluskan dengan tepung dan garam, aduk rata hingga dapat dibentuk menjadi bulatan;
  2. Bulatkan sesuai ukuran yang diinginkan, atau bentuk menjadi bentuk yang diinginkan, lakukan hingga adonan habis;
  3. Didihkan air di dalam panci, masukkan bola-bola ubi, masak hingga mengapung. Angkat, tiriskan;
  4. Didihkan air bersama gula merah, daun pandan, dan garam. Saring. Masak kembali, masukkan larutan tepung sagu, masak hingga kental sambil diaduk;
  5. Masukkan biji salak yang sudah direbus, biarkan meletup sebentar, matikan api, angkat;
  6. Sajikan dengan siraman saus santan.

Sedikit Pengalaman dari Dapur Kami

Merebus biji salak jangan sampai kelamaan ya, hasilnya nanti tidak mulus dan kinclong, hehe. Biji salak bisa disimpan di dalam freezer dan saat hendak digunakan, thawing dulu hingga suhunya mencapai suhu ruang, lalu lanjutkan mengolahnya seperti biasa. Buatkan manisannya dan santan. Proses thawing harus selalu diperhatikan. Keluarkan makanan dari freezer letakkan di chiller. Setelahnya, ketika makanan sudah tidak beku, tentunya masih dingin, keluarkan dari kulkas/chiller dan letakkan di suhu ruang. Mengeluarkan makanan langsung dari freezer ke suhu ruang, tidak baik ya.

Jika ingin membuat kolak biji salak berwarna-warni, bisa menggunakan bahan-bahan alami. Kami selalu menganjurkan untuk menggunakannya. Sebisa mungkin kita menghindari bahan makanan sintesis. Untuk warna dasar ubi, kita mendapatkan warna kuning, merah, dan ungu. Jika ingin warna biru, bisa menambahkan air rendaman bunga telang ke dalam adonan ubi warna kuning. Sari buah bit akan memberi warna merah darah. Saringan air daun pandan untuk warna hijau. Tapi ingat, warnanya tentu tidak persis sama dengan warna alami bahan karena bahan dasar ubi yang kita punya adalah kuning pucat, bukan putih.

Membayangkannya saja sudah menyenangkan. Bereksperimen warna di dalam berbagai masakan. Sekali lagi, bahan alami ya. Selamat mencoba ya teman-teman.

 

 

 

One thought on “Resep Kolak Biji Salak

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: