Resep Puding Santan Gula Merah

PSGM Uni Cakes
Puding Santan Gula Merah

Bismillah

Masih edisi repost Uni Cake. Untuk semua masakan yang kami repost dari blog terdahulu dapat dilihat dengan mengklik kategori Repost Uni Cake pada kolom kategori di kanan bawah.

Ini tentang nostalgia. Nostalgia tentang ibu kami yang sudah mendahului pulang kampung. Tentang beliau yang senang sekali dengan puding ini dan tentang kami yang akhirnya suka dengan puding ini karena sering dibuatkan di rumah di sela kesibukan beliau yang luar biasa. Ibu kami adalah seorang pedagang pakaian. Pagi hari beliau menyiapkan sarapan untuk kami empat orang anaknya. Sore hari beliau pulang dengan oleh-oleh seperti roti, sate, atau es tebak. Aaa, kami merindukannya. Saat hari libur, beliau tidak bisa ikutan berlibur karena hari Ahad adalah hari pasar, harinya jual beli lebih banyak. Tapi beliau tidak pernah absen membuatkan kami camilan. Camilan yang tidak butuh banyak waktu.

Tetaplah datang mengunjungi blog kami kawan, kami akan berbagi tentang resep nostalgia rumah kami. Resep yang menyatukan hati kami. Resep yang sering kami bicarakan kini kala ibunda telah tiada. Tentang beliau yang membuat masakan tanpa takaran tapi hasilnya tidak pernah mengecewakan. Tentang suka cita saat menumbuk beras menjadi tepung. Bukan di alu dan lesung milik sendiri melainkan menumpang di rumah salah satu nenek jauh kami. Bukannya tidak punya alu dan lesung. Kami punya, alu dan lesung biasa. Tapi pernahkah kawan melihat alu yang berbentuk kuda? Mengoperasikannya dengan kaki. Lalu ada orang kedua yang duduk di samping lesung untuk membalik beras sesekali dan merapikan yang melekat ke pinggirannya.

O bukan, tak perlu menumbuk beras untuk membuat puding ini. Hanya, kami sedikit terbawa emosi. Tentang alu dan lesung, kami akan bercerita di lain kesempatan. Resep? Berikut resep puding jadul yang digemari sepanjang masa.

Resep Puding Santan Gula Merah

Oleh Ummu Hanif

Bahan:

  • 1 liter santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 bungkus agar bubuk plain
  • 150 gram gula merah (tambahkan hingga 200 gram jika suka manis), sisir
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, ikat
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat Puding Santan Gula Merah
  1. Campur agar, gula merah, dan gula pasir, aduk rata;
  2. Tuang santan, aduk hingga hingga tidak ada adonan bergerindil. Jika perlu gunakan whisker;
  3. Masukkan pandan, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga keluar uap panas. Tunggu sebentar hingga mendidih, matikan api;
  4. Masukkan garam, aduk rata;
  5. Biarkan uap panasnya hilang kemudian cetak dan biarkan dingin di suhu ruang. Ketika suhu panasnya sudah tidak terasa, bisa dimasukkan ke dalam kulkas atau langsung disajikan.

Nah, jika ingin pudingnya berlayer seperti pada foto, tuang puding ketika uap panas belum benar-benar hilang. Jika tidak suka, pastikan uap panasnya benar-benar hilang sambil sesekali diaduk.

Pamulang, 9 Februari 2019

Ummu Hanif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: