Resep Homemade Hot Chocolate

Hot Chocolate Uni Cakes
Hot Chocolate

Bismillah

Menu kesukaan si kecil nih bunda. Tapi juga kesukaan ibu bapaknya, hehe. Hot chocolote. Apa sama hot chocolate dengan susu coklat yang dihangatkan? Sepertinya tidak sama ya. Susu coklat kemasan kalau tidak salah menggunakan coklat bubuk sedangkan homemade hot chocolate menggunakan dark cooking chocolate atau biasa disebut dcc dengan taburan bubuk kayu manis sebagai penambah rasa dan penghangat tubuh. Sikecil bisa saja tidak menyukai bubuk kayu manis. Jadi gunakan sedikit saja atau sama sekali skip untuk cangkir mereka.

Bagaimana cara membuatnya? Sangat gampang. Tidak lebih repot daripada membuat secangkir kopi atau teh panas. Walaupun gampang, sebaiknya jangan mengkonsumsi setiap hari. Konsumsi coklat berlebihan tentu tidak bagus sementara memakannya dalam takaran wajar dapat menjadi kebaikan untuk tubuh. Jika berani, gunakan coklat dark yang kandungan cocoanya mencapai 100%. Coklat inilah yang diklaim bagus untuk kesehatan jantung.

Kami pernah mencobanya, pahit luar biasa. Sepahit biji kakao mentah. Di kampung kami mempunyai kebun yang ditanami pohon kakao lumayan banyak. Cukup untuk mengantar kami menjadi sarjana bersama dengan bakwan dan risoles goreng. Ah, ini cerita lain. Ketika kecil, kami suka sekali memakan buah kakao yang sudah matang di pohonnya. Daging buahnya legit, manis, dengan sedikit rasa asam. Ketika memakan buah kakao ini, sering secara tidak sengaja kami menggigit bijinya yang merupakan cikal bubuk coklat. Nah, dark coklat ini sepahit biji kakao itu.

Ketika menuliskan blog ini kami tiba-tiba ingin mencobanya, hehe. Salah satu merk yang menyediakan coklat dark 100% adalah Coklat Monggo dari Yogya. Coklat inilah yang pernah kami coba. Dikasih icip oleh salah seorang rekan kantor saat itu sepulang kerja di dalam mobil jemputan. Segigit saja untuk membuatmu menyerah! Namun dibuatkan hot chocolate sepertinya enak. Apa tetap pahit? Jangan khawatir, rasa pahitnya sudah pasti berkurang. Lalu tambahkan madu. Sepertinya enak. So, resep hot chocolate ada di bawah ini ya.

Resep Hot Chocolate
  • 250 ml susu cair plain
  • 50 gr dcc, potong kecil/serut
  • 1/4 sdt bubuk kayu manis
Cara Membuat Hot Chocolate

Masukkan dcc ke dalam gelas. Didihkan susu cair lalu tuang ke gelas, aduk hingga coklat leleh sempurna. Taburkan bubuk kayu manis, sajikan. Jangan lupa untuk mengaduk kayu manisnya ketika hendak diminum. Sajikan hangat.

Dulu kami membuatnya dengan susu cair langsung dari peternakan. Rasa susunya gurih. Ketika berpadu dengan coklat, kenikmatannya luar biasa. Awas, jangan tiap hari. Jadi, selamat mencoba!

Pamulang, 12 Februari 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: