Tutorial Membuat Cetakan Silikon Foodgrade Bag. 1

 

Bismillah

Ramadhan menjelang! Yeaayyy…

Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan panen pahala, dan janji pembebasan dari siksa neraka. Selain itu, bagi kami Ramadhan menghadirkan sesuatu yang lain. Kenangan! Kita memang tidak diizinkan untuk larut dalam masa lalu. Namun demikian, rasa haru dan rindu yang menyesaki dada ketika Ramadhan kian dekat tidak pernah absen setiap tahunnya. Kenangan yang mengingatkan bahwa bumi ini hanya tempat untuk singgah. Akan tiba saatnya kita pulang kampung ke haribaan Allah SWT.

Bagi sebagian orang dan kami pun pernah mengalaminya beberapa tahun kemaren. Ramadhan juga menjadi waktunya panen rezeki. Salah satunya dari usaha coklat. Banyak sekali jenis cetakan dan karakter yang tersedia di pasar. Akan tetapi  bisa saja ada waktunya teman-teman ingin membuat cetakan sendiri yang berbeda dengan cetakan orang lain. Tenang, di sini kami akan membantu teman-teman untuk belajar membuat cetakan sendiri.

Berhubung materinya cukup panjang, kami akan membaginya menjadi 3 bagian. Bagian pertama bertema “menyiapkan master cetakan”, bagian kedua “menyiapkan wadah cetakan”, dan bagian ketiga “mencetak cetakan coklat”. Bagian pertama sudah kami ambil videonya sejak lama. Proses pembuatan video tertunda karena banyak hal. Video pertama di bawah ini ya.

Master cetakan bisa berupa apa saja? Ini diserahkan sepenuhnya kepada teman-teman. Karakter seperti apa yang diinginkan. Tapi yang kami sampaikan adalah cetakan 1/2 3D alias datar bagian belakangnya. Bahan cetakan harus terbuat dari apa? Bahannya bisa terbuat dari clay, resin, lilin, kaca, dan bisa juga berupa benda asli yang ingin teman-teman duplikasi. Misal ingin menduplikasi petai. petai asli bisa dijadikan master cetakan dan bentuknya tentu saja akan lebih alami. Paha ayam? Iya bisa! Namun perlu dicatat. Sebaiknya master cetakan ini disemprot dulu dengan cat semprot/pilox berwarna bening. Dengan begitu cetakan akan mengkilap nantinya.

Untuk membuat bagian belakang master cetakan menjadi rata, tambahkan lilin mainan di belakangnya dan ratakan lalu rapikan sesuai bentuk. Teman-teman bisa melihat langsung caranya di video. Jangan lupa untuk subscribe channel yutub kami agar tidak ketinggalan video berikutnya.

Pamulang, 24 Februari 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: