Resep Shrimp Katsu

Shrimp Katsu Uni Cakes
Shrimp Katsu

Bismillah

Anda penggemar udang? Anda sudah datang ke tempat yang tepat! Di sini kami akan menuliskan salah satu resep yang menggunakan udang sebagai bahan utama.

Hihi, udah mirip kayak marketer dan coach-coach seminar-seminar belum? Btw, soal seminar. Selama kuliah kami sangat rajin mengikuti seminar yang diadakan di fakultas dan universitas. Baik seminar skala kampus hingga seminar skala internasional. Dan berbicara mengenai seminar internasional, jangan harapkan suasananya bakal seperti seminar di luar negeri sana yang bahasanya bahasa planet semua ya. Disebut seminar internasional tatkala ada salah satu pembicaranya berkewarganeraan bukan Indonesia. Even, si pembicara sudah lama tinggal di Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia. Katanya begitu.

Tapi tenang, ketika dulu kuliah, seminar internasional yang kami hadiri selalu mendatangkan pembicara luar negeri yang domisilinya luar negeri walaupun mereka sudah bolak-balik ke Indonesia mengisi acara yang sama di beberapa kampus. Namun bahasa yang digunakan adalah bahasa mereka. Jadi dalam 1 seminar ada pembicara yang menyampaikan materi dalam bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa lain seperti Turki. Biasanya, pembicara dari Indonesia juga menyampaikan dalam salah satu bahasa di atas. Bukan bahasa Indonesia. Kami sering menghadiri seminar seperti ini tapi kemampuan basasa asing masih gitu-gitu aja, hihi.

Pusing? Bagi yang tidak mengerti bahasa-bahasa tersebut tidak perlu sakit kepala juga. Seringkali disediakan penerjemah untuk semua bahasa tersebut. Jika hanya bahasa Arab dan Inggris, biasanya butuh 1 penerjemah saja yang bisa kedua bahasa dimaksud. Keren ya? Mupeng? Hooh! Zaman kuliah pengen banget bisa cas cis cus ngomong bahasa orang kayak penerjemah-penerjemah itu.

O, udang sudah sampai ke kampus!

Mari kembali ke udang. Makhluk laut satu ini adalah favorit kami bersama dengan kepiting dan cumi. Dulu, dulu sekali ketika masih sekolah, kami sama sekali tidak memakan kepiting? Kenapa? Karena tafsiran terhadap makhluk yang hidup di dua alam menjadikan kepiting salah satu objeknya (bahasannya lain waktu ya, kalau ingat lagi, hehe). Tidak terlalu masalah ketika itu karena kami bukan orang pantai dan kepiting adalah makhluk yang langka. Hanya udang dan cumi serta berbagai jenis ikan laut yang pernah mengisi meja makan kami. Kerang? Pernah dong, kerang air tawar! Ada kerang gede-gede dan ada yang kecil. Kerang kecil-kecil itu biasanya disebut pensi. Ditumis dengan bumbu khas racikannya orang Minang. Voila! Enak banget.

Biasanya udang dimasak balado atau digulai. Ya, hanya itu opsinya di rumah kami saat itu. Tidak ada udang saus asam manis. Udang goreng tepung, udang apa lagi? Tapi, udang balado dan udang gulai itu enaknya kebangetan pemirsah! Jadi nggak merasa rugi tuh baru  mengenal aneka olahan udang setelah datang ke Jakarta (pinggiran, hehe).

Mari ke pokok pembahasan. Shrimp Katsu adalah udang yang dicincang dan dibaluri tepung roti lalu digoreng dalam minyak banyak dan panas. Hasilnya gurih dan krispi. Hmm, jadi pengen bikin lagi.

Resep Shrimp Katsu

  • 250 gram udang, buang kulit, kepala, ekor
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 merica bubuk
  • 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung kentang
  • 200 gram tepung panir kasar

Cara Membuat Shrimp Katsu

  1. Cuci bersih udang, cincang kasar tapi jangan sampai putus;
  2. Taburi garam, merica, dan air jeruk nipis, aduk rata. Diamkan 15 menit, tiriskan;
  3. Bagi udang menjadi beberapa bagian sama besar, bentuk sesuai selera, tata di dalam wadah kedap udara. Tutup dan simpan di freezer 45-60 menit (pastikan beku);
  4. Kocok lepas telur, tambahkan tepung terigu dan tepung kentang, aduk rata;
  5. Celupkan udang yang sudah beku ke dalam adonan telur dan baluri dengan tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung panir melekat sempurna dan menyeluruh;
  6. Tata di dalam wadah kedap udara, lakukan hingga habis. Tutup wadah dan simpan di freezer minimal 24 jam atau hingga akan digoreng.

Gunakan udang windu untuk hasil maksimal. Dagingnya sangat berasa. Kalau tidak ada, udang biasa juga tak apa. Yang penting jangan dicincang halus.

Layaknya makanan beku lainnya, usahakan mengeluarkan shrimp katsu seperlunya dari freezer. Makanan yang keluar masuk freezer cenderung menangkap bakteri dan memperpendek usia penyimpanan. Menggoreng shrimp katsu harus dilakukan dalam keadaan beku supaya tidak hancur dan buyar. Ingat ya, menggorengnya menggunakan teknik deep fryer.

3 thoughts on “Resep Shrimp Katsu

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: