Resep Kaastengels Cookies

Kaastengels
Kaastengels Cookies

Bismillah

Sang juara ada di sini! Mungkin tidak bagi semua orang tapi kaastengels adalah saingan berat nastar dalam dunia perkukisan. Gurih keju, kriuk teksturnya, dan kaya rasa. Tidak berbeda dengan nastar, satu jam drakor bisa habis satu toples! Terutama jika kukis ini dibuat dengan bahan berkualitas premium.

Agar mendapatkan rasa gurih yang lezat sebaiknya gunakan keju tua. Keju yang sudah difermentasi. Semakin lama proses fermentasi keju, semakin tua, dan semakin enak rasa gurihnya. Untuk membuat kaastengels kami biasa menggunakan keju edam merk Ayam Emas. Dikenal juga dengan nama keju apel karena bentuknya bulat dan kemasannya berwarna merah menyerupai buah larangan si Putri Salju.

Selain keju edam, teman-teman bisa menggunakan keju ghouda dan keju parmesan. Hanya itu nama keju tua yang kami tahu, hehe. Silahkan dicari tahu lebih jauh jenis keju tua lainnya. Bagaimana jika kita menggunakan keju cheddar? Pasti jadi! Ya, pasti jadi tapi hasilnya jauh berbeda.

FYI, kami dulunya bukan pecinta keju. Tentu saja karena zaman itu tidak umum keju di kampung kami. Susu pun hanya ada susu kental manis (yang sekarang dilarang menggunakan kata SUSU di depannya) atau susu sapi segar dari peternakan. Hasil olahan susu satu-satunya saat itu (sampai sekarang masih ada) adalah dadiah alias dadih. Teksturnya menyerupai yogurt dengan rasa asam melebihi yoghurt. Dadih merupakan susu segar (entah hanya susu kerbau entah semua jenis susu segar) yang difermentasi di dalam satu ruang bambu yang sudah dibersihkan. Sangat cocok untuk membantu program diet. My mom was used to eat it.

Tidak familiar dengan keju dan tidak suka dengan segala olahan keju. Ketika memakan kaastengels yang saat itu dibuat menggunakan keju cheddar, lidah kami tidak cocok dengan rasanya. Sekitar tahun pertama S1, salah seorang senior membawa kaastengels berwarna coklat keemasan tersusun rapi di dalam toples. Awalnya kami ragu untuk mencoba namun akhirnya memberanikan diri karena warnanya sangat menggoda. Sepotong dan dua potong saja berhubung kami masih baru dan masih malu-malu, hehe. Dan…, bintang berbinar di mata kami layaknya dalam drama, pokoknya enak!

Penasaran tapi tidak berani bertanya. Waktu berlalu dan kami pun masuk dunia kerja dan berumah tangga. Keinginan untuk membuat camilan untuk suami membawa kami menemukan NCC dan ketemulah dia resep kaastengels yang hingga sekarang masih kami gunakan. Ternyata rahasianya adalah gunakan keju tua (edam) dan mentega berkualitas (Wijsman). Itu saja dan kami jatuh cinta! Lalu entah mengapa sekarang kami malah bahkan menyukai keju cheddar. Serut saja kejunya lalu makan layaknya makan camilan sambil nonton Doraemon. Timbangan? Ada di laci bed, tentu saja.

Resep Kue Kering Kaastengels

Bahan Adonan Kukis:

  • 300 gram butter
  • 2 butir kuning telur
  • 200 gram keju tua, parut
  • 400 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm susu bubuk

Bahan Topping:

  • 3 butir kuning telur, kocok lepas
  • 250 gram keju cheddar, parut

 

Kaastengels2
Kaastengels
Cara Membuat Kue Kering Kaastengels
  1. Kocok mentega dan telur hingga tercampur rata, sebentar saja;
  2. Masukkan keju, aduk rata;
  3. Masukkan terigu dan susu yang sudah diayak, adon hingga kalis;
  4. Giling adonan dengan ketebalan tertentu;
  5. Olesi adonan yang telah digiling dengan kuning telur;
  6. Taburi keju parut;
  7. Cetak adonan dan pindahkan ke loyang beralas kertas roti/silpat;
  8. Panggang pada suhu 125 delcel selama 25 menit hingga matang.

Tips untuk mendapatkan kaastengels yang gurih sudah kami jabarkan. Lalu bagaimana caranya membuat kukis ini juga renyah dan lumer di mulut? Selain bahan, metode pembuatan juga sangat penting. Proses pemanggangan memegang peranan vital. Disamping itu, perhatian khusus ketika mencetak kukis tidak kalah penting.

Panggang kukis dengan suhu rendah dan waktu yang relatif lama. 110-140 delcel saja sesuaikan dengan oven masing-masing. Panggang kukis dengan metode dua kali panggang. Ketika kukis sudah hampir matang, keluarkan dan anginkan. Setelah itu panggang lagi hingga matang coklat keemasan. Anginkan kukis hingga hilang uap panasnya dan tata di toples kedap udara. Sangat penting untuk tidak over ketika menganginkan. Terlalu lama di ruang terbuka berpengaruh kepada usia simpan.

Mundur pada proses pencetakan. Pastikan agar ketebalan kukis rata, biasanya 5 mm. Kukis dengan ukuran kecil seperti pada foto lebih mudah renyahnya daripada kukis berukuran besar. Karena kukis ini renyah dan gampang buyar, ukuran mini seperti ini sangat praktis ketika dimakan, tidak berserakan karena harus dua atau tiga kali gigitan. Sekali hap namun tidak terkesan lobo alias rakus.

Penting untuk memastikan adonan tidak terpapar udara dan suhu panas saat sedang mencetak. Jika teman-teman menggunakan oven gas atau oven tangkring, usahakan mencetak kukis dalam jarak yang cukup jauh. Hawa panas oven sangat berpengaruh pada adonan kukis. Perlu dijaga agar adonan tidak berminyak. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Per bagian adonan cukup untuk sekali giling. Bungkus adonan dan simpan di dalam chiller atau kulkas bagian bawah. Keluarkan per bungkus ketika hendak digiling.

Baik keju tua yang dimasukkan ke dalam adonan maupun keju cheddar yang menjadi taburan sebaiknya diparut kasar. Dengan begitu rasa gurih keju akan terasa di setiap gigitan. Sebagian ada yang mengiris keju untuk topping seperti korek api tipis dan  meletakkannya di permukaan tiap potong kukis, bukan ditabur. Baik-baik saja namun parutan keju yang ditabur membuat tampilan kukis jauh lebih indah dan kriuknya lebih renyah.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Pamulang, 15 April 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: