Tutorial Menyiapkan Halaman Quiet Book

WhatsApp Image 2019-04-16 at 07.34.20
Salah Satu Halaman Quiet Book

Bismillah

Kami hendak memulai proyek baru yaitu pembuatan Video Tutorial Quiet Book. Kami sedang berusaha sekuat tenaga untuk mendisiplinkan diri agar bisa telaten dan rutin membuat video sesuai list yang sudah kami buat. Mudah-mudahan sifat bosenan kami bisa dikalahkan dengan niat yang lurus dan semata mengharap ridho Allah dalam berbagi ilmu. Mohon dukungan teman-teman ya.

Jalan dakwah berbeda untuk setiap orang. Satu hal yang pasti bahwa semua orang memiliki kewajiban untuk berdakwah sesuai kadar ilmu dan kemampuannya. Setelah sekian lama kesana-kemari, dari bekerja kantoran, baker, chocolatier, semuanya tidak ada yang mampu membuat hati kami tenang dan merasa bahwa apa yang kami lakukan bermanfaat untuk perkembangan agama.

Bagaimana halnya dengan hobi baru ini? Hobi menjahit akan kami utamakan untuk berbagi ide dan tutorial seputar produk-produk yang bermanfaat untuk menemani perkembangan generasi terbaik Islam. Ya, inilah peran kecil yang kami, ibu rumah tangga ini, hendak bagi kepada dunia. Semoga bermanfaat.

Tahap pertama proses pembuatan buku bayi atau yang biasa dikenal busy book dan quiet book adalah menyiapkan bahan untuk halaman buku. Setelah ide dan gagasan diperoleh, siapkan halaman buku yang sesuai dengan tema per halamannya. Sebagai contoh, halaman satu memuat tema TAMAN. Gunakan warna dasar cerah. Mengapa? Taman biasa didatangi ketika siang hari. Warna cerah melambangkan siang. Silahkan pakai bahan polos. Namun tidak masalah jika menggunakan bahan bermotif. Motif bunga akan sangat cocok untuk menyampaikan pesan kita.

Bahan apa yang digunakan untuk halaman buku? Kali ini kami akan menggunakan kain katun Jepang atau lokal. Untuk lapisannya gunakan kain keras. Kain keras sangat membantu untuk memperkokoh halaman buku. Hal ini bermanfaat saat proses menjahit aplikasi ke halaman buku. Sebagai padding, bisa ditambahkan busa lapis. Pakai busa tebal 4-5 mm. Jika hendak menggunakan dakron, tidak masalah. Tapi, soal padding akan kami bahas nanti pada postingan tentang Binding dan Bias Tape.

Secara umum ada beberapa ukuran quiet book yang sering dibuat oleh crafter. Diantaranya:

  • 11×11 cm
  • 13×13 cm
  • 15×15 cm
  • 17×17 cm
  • 20×20 cm
  • 23×23 cm

Quiet book berukuran kecil 11x11cm dan 13×13 cm biasa dipakai untuk aplikasi sederhana dan tidak banyak ornamen. Misal kepala gajah, kepala kucing, pesawat, dan lainnya. Yang jelas, 1 halaman membuat 1 aplikasi atau karakter berukuran besar, sesuai ukuran halaman. Sementara busy book ukuran 15×15 cm dan 17×17 cm cocok untuk aplikasi yang sedikit ramai. Misalnya kelinci bermain di taman. Di halaman buku dapat dibuatkan rerumputan tempat kelinci bermain. Pohon yang rindang, dan wortel. Lalu, aplikasi yang ramai dan rumit biasanya digunakan pada buku berukuran besar yaitu kisaran 20 cm  ke atas. Namun hampir tidak ada quiet book yang berukuran di atas 30 cm.

Bagaimana cara membuat halamannya? Langsung lihat di video ya. Berhubung kami memvideokan sendiri, banyak keterbatasan saat proses pengambilan video. Kalaupun sudah berniat untuk memfoto proses tahapan di sela pengambilan video, kami seringkali lupa. Foto di atas bahkan kami crop dari salah satu video. Mohon dimaklumi ^^.

Semoga bermanfaat^^.

Pamulang, 16 April 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: