Melampaui Do’a

Blog 1.png

Bismillah…

Assalamu’alaikum sahabat!

Ramadhan hari pertama (mulai ditulis hari pertama tapi selesai hari ketiga, hehe) tahun 1440 H. Semoga Allah swt memberi kita kekuatan untuk menjalani Ramadhan ini dalam ketaatan. Ramadhan, sebagai hadiah dari Allah swt, selayaknya mampu merubah kepribadian, gaya hidup, dan bisa membuat kita meningkatkan kapasitas ibadah. Bulan ini adalah bulan berlimpah pahala dan ampunan. Berlimpah anugerah dan kemaha-murahan Allah swt. Akan rugi jika kita tidak memaksimalkan ibadah dan istighfar. Lebih rugi lagi jika hari-hari tidak kita isi dengan bisikan do’a kepada Dia Yang Maha Kaya.

Disebutkan dalam al-Qur’an surat al-Baqarah [2] ayat 126 bahwa suatu ketika Nabi Ibrahim As. berdo’a kepada Allah agar menjadikan Makkah negeri yang aman dan makmur, dan memberikan rezeki kepada penduduknya yang beriman kepada Allah dan percaya kepada hari akhir dengan buah-buahan. Pada ayat yang sama Allah menjawab, Allah juga akan memberikan rezeki yang sama kepada orang-orang kafir sedikit nikmat di dunia. Di akhirat kelak mereka akan mendapat siksa neraka yang pedih atas keingkaran mereka. Sedang neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali.

Hal yang akan menjadi bahasan di sini yaitu ke-Maha-Murahan Allah dalam mengabulkan permohonan hamba-Nya. Oleh sebab itu jangan pernah bosan berdo’a kepada Allah. Minta kepada-Nya segala sesuatu yang terbersit di hatimu. Segala hal yang akan membantumu hidup dalam ketaatan. Mintalah dunia namun jangan pernah lupa bahwa keabadian surga adalah permohonan mutlak yang harus ada dalam setiap do’a. Pernahkah engkau meminta sebuah istana serupa dengan istana bunda kita Khadijah Ra. Sebuah istana yang terbuat dari mutiara dan sangat tenang suasananya.

Jika amalmu tak bisa menjaminkan istana indah, bukankah surga itu sendiri adalah nikmat yang tiada dua? Di surga nanti tak akan pernah kita dengar perkataan sia-sia dan caki-maki. Bukankah di sana kita hanya akan mendengar salam dan kesemalatan? (Maryam [19] ayat 62). Tempat dimana rezekimu dijamin pagi dan petang.

Minta jugalah pertemuan dengan-Nya. Tak ada pertemuan yang paling dinanti melainkan masa bertatap dengan Allah. Bisakah teman, kau merasakan debar kerinduan kepada-Nya dan kepada kekasih-Nya Rasulullah Muhammad Saw? Bersapa dan salam dengan para rasul dan nabi-Nya. Para sahabat dan orang saleh. Sebuah impian yang indah, bukan? Harapan ini tidaklah tidak mungkin! Karena itu jangan pernah lupa menyelipkannya dalam do’amu setiap hari.

Kau tahu? Dengan ke-Agungan-Nya Allah bisa mengabulkan do’a hamba yang beriman lebih dari apa yang dia minta seperti halnya ketika Allah mengabulkan do’a Nabi Ibrahim, bapak para nabi dan rasul, ketika Makkah masihlah berupa lembah tak bertuan. Namun, adakah harapan dan do’a melebihi keinginan bertemu Sang Khalik?

Tentu saja jangan lupa meminta perihal duniamu. Mintalah harta, mintalah keluarga, mintalah kesehatan, mintalah segala yang engkau inginkan. Tahukah kau, sahabat, Allah menunggumu berharap dan memohon pada-Nya. Dia menanti saat-saat kau panjatkan do’a dan hajatmu. Ingatkah kau, teman, Dia akan datang ribuan langkah ketika engkau hanya datang satu langkah pada-Nya. Dan sadarkah engkau, wahai diri, bahwa Dia lebih dekat daripada urat lehermu.

Ps.

Ayat al-Qur’annya tidak kami sertakan di sini, melaikan hanya nama surat dan ayat saja. Hal ini karena keterbatasan kami dalam menyiapkannya. Silahkan dibuka sendiri ayat-ayat dimaksud. Jika hendak memahami lebih jauh, bukalah kitab tafsir dan carilah berbagai referensi hadits dan pendapat ulama berhubung artikel ini hanyalah sekedar sharing bacaan dan pengingat untuk diri kami sendiri. Teman-teman bisa menyebutkan buku catatan. Ya, ini adalah catatan dari buku yang kami baca.

Selamat belajar!

Pamulang, 3 Ramadhan 1440 H/8 Mei 2019 M

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: