Sayur Sawi Otak-Otak Ikan

Sayur Sawi Otak-Otak Ikan
Sayur Sawi Otak-Otak Ikan

Bismillah

Rencananya kami akan update satu artikel per hari selama Ramadhan, sehingga ada 30 artikel pelajari selama Ramadhan. Mengulang kembali pelajaran lama yang sudah ditinggalkan. Hanya Allah punya rencana lain. Sepanjang Ramadhan kami mengalami penyakit yang sudah umum, asam lambung. Dengan begitu banyak agenda menjadi tertunda, salah satunya membiasakan menulis setiap hari. Hingga saat ini kami masih dalam usaha menyembuhkan asam lambung. Jika ada waktu, kami akan coba berbagi pengobatan apa saja yang kami gunakan untuk mengatasi penyakit sejuta umat ini. Siapa tahu, ada diantara teman-teman yang membutuhkannya dan cocok dengan salah satu cara kami.

So, setelah sekian lama, hampir 1,5 bulan, kami kembali update. Kali ini dengan resep dari dapur kami. Resep yang sederhana dan sangat mudah dibuat. Seperti yang kami sebut di atas, pengobatan asam lambung membutuhkan treatment khusus. Tidak cukup dengan mengkonsumsi obat, kita perlu menjaga pola makan dan memperhatikan apa yang dimakan. Karena itu kami berusaha untuk menghindari makanan yang digoreng/berminyak dan makanan pedas. Makanan bersantan dan makanan yang mengandung penyedap, pengawet, dan teman-temannya.

Kami baru saja mengedit resep dan proses pembuatannya berhubung kemaren kami lupa mencantumkan telur dan proses memasaknya. Sementara di foto terlihat jelas ada serpihan telur. Penggunaan telur ini menambah citarasa pada masakan. Kami suka sekali menambahkan telur dengan metode di bawah ke dalam sayur berkuah.

Akan tetapi tidak semua dapat dihindari sepanjang waktu. Adakalanya kami bosan dan adakalanya kami harus melanggar salah satu larangan untuk menggugah selera makan. Tumbuh dalam tradisi makan makanan berminyak dan pedas, cukup sulit bagi kami untuk sama sekali mengkonsumsi makanan yang direbus, kukus, atau oven saja. Begitu juga halnya dengan jenis makanannya. Seperti resep di bawah ini, kami menggunakan bakso atau otak-otak ikan siap pakai dan menggunakan bumbu seperti saus tiram dan kecap manis yang pastinya mengandung pengawet dan penyedap. Semoga tidak mengganggu proses penyembuhan.

DSCF4247
Sup Otak-Otak Ikan Sayur Sawi

Lauk yang kami gunakan adalah otak-otak ikan yang biasa dikenal dengan otak-otak singapura. Sejujurnya kami tidak tahu menyebut makanan ini apa atau memasukkan ke dalam kategori mana. Kami memasaknya dengan cara merebus semua bahan tapi tidak bisa disebut sayur bening berhubung warnanya sedikit coklat karena kecap dan saus tiram. Tidak juga dapat disebut sup karena bawangnya tidak ditumis, tidak ada rempah sup dan tidak ditumis. Disebut sup ginseng juga tidak bisa karena tidak ada jahe atau ginseng di dalamnya walaupun kami menyertakan buah jujuba.

Apapun nama makanannya, satu hal yang paling penting adalah rasanya enak dan juara, hehe. So, silahkan sebut makanan ini sup, sup ginseng, atau sayur bening. Jika memungkinkan untuk memunculkan kategori lain yang cocok, tentunya kami silahkan. So, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan dan Bumbu Membuat Sayur Sawi Otak-Otak Ikan

  • 2 buah otak-otak singapura, potong sesuai selera
  • 1 buah sawi ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 butir telur, kocok lepas (edited)
  • 2 butir bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang/iris halus
  • 1 buah jujuba atau kurma merah, biarkan utuh atau sayat
  • 2 ruas jari laos, keprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saus tiram
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Sayur Sawi Otak-Otak Ikan

  1. Rebus air, masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam, jujuba, dan laos. Masak hingga mendidih;
  2. Matikan api, tuang telur perlahan, diamkan kurang lebih 1 menit (edited):
  3. Nyalakan api, aduk sebentar (edited):
  4. Tambahkan garam, saus tiram, dan kecap manis, aduk rata;
  5. Masukkan sawi, masak sebentar;
  6. Masukkan otak-otak dan masak hingga sawi matang dan otak-otak sedikit mengembang.

Jika ingin sawinya tidak kematangan dan masih crunchy ketika dimakan, masukkan otak-otak dan sawi bersamaan lalu masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Seperti ini kami biasanya memasak sayur. Tidak sampai layu dan lembek. Namun tergantung sayurannya juga. Sayur bayam tidak enak jika tidak matang. Sementara sawi atau wortel terasa enak jika dimasak setengah matang.

Semoga resep ini bermanfaat dan cocok untuk keluarga teman-teman. Jangan lupa untuk follow website kami melalui email ya supaya selalu mendapatkan update dari kami. Oh iya, untuk postingan resep kami tidak lagi menggunakan instagram. Jadi resep kami hanya dapat dilihat di website saja. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Pamulang, 25 Juni 2019

Edit 27 Juni 2019

One thought on “Sayur Sawi Otak-Otak Ikan

Add yours

  1. Pingback: Ummu Hanif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: