13 Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

DSCF4279DSCF4281Tubuh manusia dibangun atas beberapa unsur yang membutuhkan nutrisi dari luar untuk terus berkembang atau mengganti sel yang rusak. Sejak di dalam rahim, terlahir ke dunia, dan beranjak dewasa hingga menua, tubuh manusia memerlukan komposisi makanan berimbang. Islam sebagai agama yang kaffah mengatur banyak hal mengenai makanan di dalam al-Qur’an. Sebagaimana tertera dalam ayat di atas, Allah telah menciptakan aneka ragam sumber pangan bagi manusia di bumi sehingga hendaklah manusia memperhatikan apa yang diasupnya.

Ilmu pengetahuan modern juga terus mengabarkan temuan baru seputar makanan, pola makan, dan segala hal yang terkait dengannya terutama kesehatan. Lepas dari semua penelitian dan temuan yang dikabarkan oleh ahli-ahli tersebut, Islam menjelaskan beberapa hal mengenai makanan. Pertama, halal. Manusia wajib memastikan untuk mengkonsumsi hanya yang halal saja, baik zatnya, cara memperolehnya, dan cara mengolahnya. Kedua, makanlah secukupnya tidak berlebihan. Ketiga, makan makanan yang beragam dan berimbang agar semua nutrisi yang dibutuhkan dapat dipenuhi. Keempat, sesuaikan jumlah dan jenis makanan yang diasup dengan usia.

Makanan yang disediakan oleh Allah untuk manusia di bumi ini mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan oleh manusia. Unsur tersebut antara lain, karbohidrat, protein, lemak, mineral, serat, air, dan vitamin. Vitamin, yang menjadi bahasan pada artikel ini, berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein oleh tubuh. Ada 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu:

Vitamin A

Tubuh membutuhkan vitamin A untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi maksimal terutama mata, kulit, tulang, jaringan pernafasan, pencernaan, dan imunitas. Vitamin ini terdapat dalam banyak makanan, diantaranya hati, telur, susu, dan ASI. Selain mendapatkan vitamin A langsung dari makanan, tubuh juga mampu meproduksi vitamin A dengan bantuan asupan makanan yang mengandung karotin. Diantaranya sayur dan buah berwarna pekat, minyak kurma merah, kelapa, buah-buahan yang berwarna kuning seperti mangga dan aprikot.

Vitamin B

Lebih tepatnya disebut sebagai vitamin B komplek karena terdiri dari beberapa unsur yaitu vitamin B1tiamin, B2 riboflavin, B3 niasin atau asam nikotinik, B6 piridoksin, B7 asam folik yang masuk ke dalam jaringan sel darah, B12, dan biotin. Vitamin B komplek ini dapat ditemukan pada dedaunan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, dan telur. Vitamin B berfungsi untuk memperbaharui jaringan tubuh dan membantu mengembalikan energi tubuh yang berasal dari karbohidrat, lemah, dan protein.

Vitamin C

Sumber utama vitamin C adalah buah-buahan terutama yang rasanya manis seperti jambu dan juga terdapat di dalam sayuran. Diutamakan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah segar karena proses memasak dan penyimpanan yang lama dapat merusak kandungan vitamin C dalam makanan. Vitamin C sangat berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan mencegah terjadinya oksidasi.

Vitamin D

Sering dijelaskan bahwa sinar ultraviolet adalah sumber vitamin D. Tidak salah, sinar matahari membantu tubuh untuk mengubah bahan-bahan yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D. Sinar matahari seperti apa yang dibutuhkan, bisa dipelajari lebih lanjut secara terpisah. Selain itu, sumber vitamin D adalah minyak ikan, telur, susu, dan hati. Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang, memanfaatkan kalsium secara maksimal.

Vitamin E

Vitamin E digadang-gadang berfungsi untuk membuat awet muda. Nyatanya vitamin E memang penting untuk menjaga agar selaput sel tidak mudah rusak. Selain itu vitamin E penting untuk melindungi pria dari kemandulan dan menjaga kesehatan serta pertumbuhan janin. Sumber utama vitamin E adalah minyak gandum, minyak jagung, minya biji kapas, kacang kedelai, selada, kacang polong, bayam, dan peterseli.

Vitamin K

Kita dapat menemukannya pada sayur bayam, kubis, kembang kol, rumput laut, hati, keju, dan telur. Berperan dalam menjaga kekentalan darah.

Segala jenis vitamin di atas dapat kita peroleh dengan mudah dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi. Karena itulah penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan makanan. Seimbang jumlah atau takarannya dan seimbang ragam dan jenisnya. Walaupun satu makanan mengandung banyak nutrisi tapi tetap saja tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang lama tanpa variasi. Kelebihan satu jenis vitamin di dalam tubuh, bukannya membantu malah akan mengakibatkan penyakit.

Disarikan dari buku Pola Makan Rasulullah.

Pamulang, 28 Juni 2019.

2 thoughts on “13 Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: