Nutrisi Penting untuk Tubuh Kita

Bismillah

Allah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk dan sesempurna makhluk. Kita dibekali akal untuk bisa berfikir dan menggunakannya dalam memahami kehendak Pencipta. Hawa nafsu diberikan agar hidup manusia menjadi berwarna. Bersamanya diberikan panduan agar hawa nafsu tidak terjerumus ke lembah nista. Tubuh adalah tempat dimana akal dan hawa nafsu itu bersemayam. Tubuh memiliki peran besar terhadap dua unsur lainnya. Saat tubuh sehat, akal mampu berfikir dengan logis dan hawa nafsu dapat berperan sesuai keperluan dan tuntunan. Ketika tubuh sakit, kemampuan berfikir logis menjadi terkendala. Keinginan seperti makan otomatis berkurang dan hilang.

Agar tubuh tetap sehat dan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya manusia butuh makan. Makan bukan sekedar dan asal makan melainkan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Ada waktunya kita makan untuk melepas rasa penasaran terhadap menu dan resep terbaru. Ada juga waktu kita makan untuk memuaskan mata yang tergoda dengan bentuknya yang indah. Tidak masalah selama kita tidak lupa bahwa fungsi utama makan adalah memenuhi hak dan kebutuhan tubuh terhadap zat dan kandungan nutrisi baik yang ada pada makanan secara seimbang atau ideal.

Karbohidrat

Sumber karbohidrat yang paling familiar bagi kita adalah nasi. Karbohidrat yang mengandung gula baik yang bersifat tunggal atau komplek sesuai jenisnya, tepung, dan serat disebut karbohidrat kompleks. Sedang karbohidrat tunggal hanya mengandung gula. Semua itu adalah sumber utama energi atau kekuatan manusia dalam beraktifitas. Mengkonsumsi karbohidrat membantu untuk membatasi asupan kalori karena rasa kenyang yang dihasilkannya lebih lama. Namun konsumsi karbohidrat secara berlebihan pastinya tidak baik karena tubuh akan menyimpannya dalam bentuk glikogen di dalam lever (hati) dan menjadi lemak di beberapa jaringan tubuh.

Protein

Protein berperan besar dalam membentuk sel dan jaringan tubuh, memperbaharui sel yang rusak, serta memelihari jaringan otot. Protein akan diubah menjadi asam amino pada proses pencernaan makanan. Asam amino lalu diserap oleh pembuluh darah di dalam lambung dikirim ke hati, masuk ke dalam aliran darah, dan didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh.

Ada sekitar 20 jenis asam amino di dalam tubuh. Tubuh manusia mampu meproduksi asam amino dari karbohidrat, namun da yang disebut asam amino dasar yang hanya didapatkan dengan mengkonsumsi protein hewani seperti daging merah, ikan, unggas, telur, susu, dan makanan yang diolah darinya. Protein nabati juga mengandung asam amino namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Memadukan kedua sumber ini, protein hewani dan nabati, adalah pilihan bijak untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asam amino.

Lemak

Lemak adalah salah satu struktur dasar dalam membentuk makanan seimbang. Lemak juga berfungsi menjadi sumber energi dan mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh. Lemak yang bersumber dari minyak nabati mengandung asam lemak yang salah satu fungsinya adalah membuat rasa kenyang. Sedang lemak hewani selain banyak manfaatnya untuk tubuh namun juga mengandung kolesterol. Dalam batas normal, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun komponen sel tubuh. Masalahnya jika kolesterol dikonsumsi melebihi kapasitas dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah dan beberap penyakit lainnya. Batas atas konsumsi lemak harian sebaiknya tidak lebih dari 10% sumber energi yang kita asup.

Vitamin

Vitamin dikenal terbagi menjadi banyak jenis yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah seimbang. Setidaknya ada 13 jenis vitamin yang dikenal saat ini. Masing-masing vitamin memiliki kandungan yang berbeda dengan manfaat yang berbeda pula. Kekurangan salah satunya dapat menyebabkan penyakit. 13 jenis vitamin tersebut adalah vitamin A, B komplek (B1, B2, B3, B6, B7, B12, Biotin), C, D, E, dan K. Paparan lebih jauh mengenai vitamin dapat dibaca pada postingan kami berjudul 13 Jenis Vitamin yang dibutuhkan Tubuh Manusia.

Mineral

Mineral dikenal sebagai unsur makanan yang lembut seperti vitamin. Sebagaimana halnya vitamin, mineral juga berperan dalam proses asimilasi makanan. Kita mengenal beberapa jenis mineral yang ada di dalam tubuh yaitu zat besi, kalsium, dan fosfor, serta yodium. Zat besi dibutuhkan oleh sel darah merah untuk memelihara seluruh sel tubuh. Besi merupakan bahan baku tulang belakang menjadi tempat memproduksi sel darah merah. Zat besi dapat kita temukan di hati, daging, ikan, madu hitam, dan keju. Selain itu juga ada di kacang-kacangan, biji-bijian yang mengandung minyak, dan dedaunan berwarna pekat serta beberapa jenis buah yang dikeringkan.

Kalsium dan fosfor berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Sementara kalsium juga berperan dalam pembekuan darah. Kalsium dan fosfor ini dapat diperoleh dari susu dan olahannya. Mineral lainnya, yodium, yang dapat ditemukan di makanan laut dan tanah yang kaya akan yodium, bertugas mengatur kelenjar gondok.

Disarikan dari buku Pola Makan Rasulullah

Pamulang, 2 Juli 2019

One thought on “Nutrisi Penting untuk Tubuh Kita

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: