Pola/Pattern Gajah Flanel

I See Felt EduToy
I See Felt EduToy

Bismillah

Hallo teman-teman. Alhamdulillah akhirnya kami bisa update postingan seputar hasta karya. Kali ini flanel. Ya, walaupun kami belum bisa membuatkan videonya tapi kami hadirkan di sini step by step singkat proses pembuatan mainan anak ini. Tidak lupa kami sertakan pola yang bisa teman-teman donlot.

Nama mainan ini adalah I SEE. Ya, saya lihat. Mainan ini bisa berbentuk apa saja yang dalam postingan ini adalah gajah. Di dalam badan boneka flanel ini ada mutiara sintetis mini atau mutiara pasir dalam jumlah yang cukup banyak. Di antara mutiara itu ada benda-benda berukuran 1-4 cm. Bisa berupa kancing plastik, kancing kayu, boneka clay, atau boneka resin. Anak-anak bisa menggoyang-goyang bonekanya untuk menemukan benda-benda dimaksud.

Pola Flanel Bisa di Donlot

Biasanya boneka ini dibuat berpasangan dengan satu bagian terpisah yang memuat benda yang serupa atau persis sama bentuk dan jumlahnya dengan benda-benda yang ada di dalam boneka. Dengan begitu, selain dapat mencari benda, anak-anak dapat pula memasangkan benda yang ada di dalam boneka dengan benda yang ada di bagian terpisah. Hal ini untuk melatih daya ingat anak. Bagian terpisah ini bisa berbentuk persegi, bulat, atau apa saja.

Pola Flanel Gajah
Pola Flanel Gajah

Pola gajah di atas adalah boneka flanel secara umum, tidak khusus untuk I See EduToy. Bisa dilihat, di bagian badan gajah tidak ada lingkaran yang akan dipotong untuk dipasang tile atau plastik. Silahkan klik kanan dan simpan foto. Sebelum dicetak sesuaikan ukuran foto dengan besar kecilnya mainan yang diinginkan. Cara mengeditnya akan kami buatkan di postingan terpisah.

Potong pola lalu tempelkan ke kain menggunakan jarum atau klip. Potong kain flanel mengikuti pola yang ada. Satu lembar untuk setiap pola. Untuk pola badan gajah, gunting bagian tengah badan berbentuk lingkaran. Gunakan tutup botol atau benda berbentuk bulat lainnya untuk membuat polanya. Siapkan satu lembar kain flanel (lapisan) yang belum berpola untuk masing-masing kain yang sudah berpola. Sebagai pelengkap, kita membutuhkan:

  • Mutiara pasir
  • Kancing kayu
  • Kancing plastik
  • Boneka clay
  • Boneka Resin
  • Pita ulir jadul
  • Kain tile halus warna putih
  • Kancing
Telinga Gajah
Telinga Gajah

Lanjut ke bagian telinga gajah yang berbentuk love. Pasang kancing ke lembaran kain yang sudah berpola, pada bagian yang lancip. Pastikan menyisakan jarak yang cukup untuk menjahit di bagian pinggirnya. Untuk merobek kain agar kaki kancing bisa masuk, gunakan pendedel atau seam reaper. Robek sedikit dan masukkan kaki kancing. Pasang bagian belakangnya dan tekuk kaki kancing hingga terpasang kokoh. Setelahnya, jahit bagian kain flanel yang sudah berpola telinga ke kain lainnya. Setelah itu potong mengikuti pola dan kita selesai dengan telinga gajah.

Badan Gajah
Badan Gajah

Jahit kain tile di bagian dalam lingkaran badan gajah. Kemudian jahitkan pula renda ulir. Jika yakin, renda dan tile bisa dijahit bersamaan. Sekarang kita pasang bagian lain kancing ke badan gajah. Pasang di atas punggung gajah (perhatikan foto berikut) dengan cara yang sama ketika memasang kancing ke kuping gajah.

Jahit bagian atas badan gajah yang sudah berpola ke kain polos lapisannya. Sisakan sekitar 3-4 cm untuk memasukkan mute dan kancing atau resin. Jahit sempurna semua bagian ketika isian badan gajah sudah masuk semuanya.

Kita sudah mendapatkan mainan baru untuk anak-anak di rumah. Mainan ini juga bisa menjadi inspirasi bisnis ibu-ibu yang ingin mencoba peruntungan di bisnis flanel terutama eduToy. Selamat mencoba dan bersenang-senang bersama anak-anak.

Pamulang, 3 Juli 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: