Cara Mengedit Pola Flanel di Microsoft Word

Stroberi
Pola Flanel Buah Stroberi

Bismillah

Sebagaimana kami janjikan kemaren, postingan kali ini memuat tentang cara mengedit pola di Ms. Word. Tutorial pertama ini adalah tutorial simpel karena hanya mengajarkan cara memperbesar pola. Untuk memotong dan menyesuaikan banyak pola akan dibuat postingan terpisah. Gapapa ya, hehe. Kalau di satu page, nanti kepanjangan dan yang ngebaca keburu bosan.

So, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka tempat penyimpanan foto pola di pc atau laptop. Pada saat yang sama kita juga butuh lembaran baru Ms. Word. Atur halaman kertas sesuai kertas yang tersedia, biasanya A4 dan gunakan margin narrow.

Ms. Word
Halaman Baru Ms. Word Ukuran A4

Kembali ke tempat penyimpanan foto, klik kiri pada foto dan tahan, lalu seret foto ke logo Ms. Word yang ada di bilah bawah halaman pc. Tidak lama, halaman Ms. Word akan terbuka dan lepaskan mouse. Foto akan berpidah ke halaman Ms. Word.

Jika cara ini dirasa agak sulit, kami berikan alternatif lain yang lebih simpel namun lebih panjang. Buka halaman penyimpanan foto. Klik kanan pada foto dan pilih menu COPY. Sekarang buka halaman Ms. Word dan klik kanan di mana saja pada halaman kosong, lalu pilih PASTE. Lebih mudah bukan?

Edit Foto
Halaman Ms. Word

Sebelum menyesuaikan ukuran foto kita perlu mengubah posisi foto agar bisa digerakkan. Klik kanan pada foto, pilih TEXT WRAPPING lanjut ke pilihan IN FRONT OF TEXT. Setelah ini kita bisa menggerakan gambar sesuai keinginan.

Edit Foto
Editor

Aktifkan foto dengan cara klik kiri satu kali pada foto. Setelah muncul garis persegi dengan titik bulat pada pertemuan setiap garis (lihat foto) makan foto sudah aktif. Di bagian atas BAR ada pilihan PICTURE TOOLS tepat di atas EDITOR. Pilih Picture Tools. Alihkan pandangan ke kanan atas dan di sana ada kotak berisi pilihan HEIGHT dan WEIGHT. Isikan Height dan Weight yang diinginkan. Tentu saja sesuaikan dengan ukuran halaman buku bayi yang hendak dibuat atau ukuran pola yang diinginkan. Biasanya cukup mengisi satu saja, misal Height saja dan Weight-nya akan otomatis menyesuaikan. Jadi pikirkan dulu ukuran yang tepat.

Contoh kasus, stroberi ini kami pakai untuk buku bayi berukuran 21×21 cm. Kami membutuhkan stroberi berukuran maksimal 20 cm baik Height ataupun Weight. Karena stroberi tidak berbentuk persegi makan salah satunya akan mencapai ukuran 20 cm sedang yang lain menyesuaikan. Ukuran tinggi stroberi ini lebih panjang dari lebarnya, dengan begitu kami memilih 20 cm untuk Height dan membiarkan komputer mengerjakan tugasnya menyesuaikan Weight. Jika kami mengisi Weight di angka 20 cm maka Height akan otomatis bertambah melebihi 20. Apakah H&W bisa diedit masing-masing? Bisa saja tapi komposisi foto akan berubah dan tidak indah dipandang.

Stroberi H-20 cm
Stroberi H-20 cm

Ini hasilnya, stroberi dengan Height-nya 20 cm. So, selamat mencoba teman-teman. Bertemu lagi nanti pada tutorial mengedit foto lainnya. Semoga sukses ya.

Pamulang, 4 Juli 2019

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: