Cara Membuat Pola Pelangi untuk Quiet Book

Pola Pelangi Quiet Book
Pola Pelangi Quiet Book

Bismillah

Setelah sebelumnya kami posting mengenai cara mengedit pola secara sederhana, kali ini kami mau berbagi tentang cara membuat pola untuk satu halaman buku. Tema yang kami gunakan adalah pelangi. Sebagai pemula, kami belum bisa membuat karakter yang rumit sehingga tidak semua karakter di sini nantinya merupakan buatan sendiri melainkan sebagian diambil dari outline karakter yang ada di google. Oke, mari kita mulai ya.

Buka halaman baru Ms. Word dan pilih jenis kertas, posisi, dan ukuran kertas. Semua pilihan ini ada di bagian HOME. Untuk membuat pola, kita memerlukan panduan garis berukuran sama dengan buku yang hendak dibuat. Kali ini kami menggunakan ukuran 20×20 cm.

Pilih INSERT kemudian di sana ada pilihan SHAPE. Klik tanda panah kecil yang ada di bagian kanan bawahnya. Akan muncul menu drop-down berupa pilihan gambar/outline yang bisa dipilih. Untuk membuat kotak, kita perlukan yang RECTANGLE atau persegi.

Kembali ke halaman kosong. Klik kiri pada halaman kosong dan tahan hingga muncul tanda tambah (+). Seret mouse dan lepaskan setelah mendapatkan ukuran yang diinginkan. Agar tidak repot, buat outline persegi ukuran berapa saja dan lepaskan mouse.

Untuk menyesuaikannya dengan ukuran yang kita inginkan, kita bisa menggunakan menu bar FORMAT. Menu ini hanya muncul setelah kita membuat satu gambar di halaman Ms. Word. Di bagian kanan atas ada pilihan menu untuk menentukan ukuran yang diinginkan. Isikan ukuran dan selesai.

Sekarang kita membuat gambar pelangi. Kembali ke menu INSERT >> SHAPE. Pilih gambar FLOWCART: DATA. Pilihan ini ada di sub menu FLOWCART. Kembali ke halaman dan klik kiri pada mouse di halaman hingga keluar tanda tambah (+). Seret dan lepas. Sesuaikan ukuran dengan halaman buku (persegi yang sudah dibuat diawal). Pastikan ukurannya cukup untuk memuat sejumlah warna pelangi. Untuk menyesuaikannya, klik kiri pada mouse di tanda bulat yang ada di garis bantu gambar. Klik kiri, tahan, dan seret hingga mendapatkan ukuran yang diinginkan.

Untuk membantu, masing-masing kolom pelangi bisa kita warnai (ini akan kita hilangkan nanti). Klik menu FORMAT atau DRAWING TOOLS. Di sana ada pilihan SHAPE FILL. Aktifkan salah satu gambar yang membentuk pelangi dan pilih warna pada SHAPE FILL. Lakukan untuk semua warna pelangi, 6 atau 7. Jika garis hitam pada masing-masing warna pelangi terasa mengganggu, garis ini bisa dihilangkan dengan memilih NO OUTLINE pada menu SHAPE OUTLINE. Menu ini ada di bawah menu SHAPE OUTLINE. Sampai di sini kita sudah bisa melihat seperti apa hasilnya pelangi kita nanti.

Di halaman ini juga ada awan, matahari, dan titik air hujan. Pada bagian menu SHAPE sebenarnya ada pilihan gambar awan dan matahari (jika diperhatikan dengan seksama). Namun kali ini kami memutuskan untuk menggunakan gambar matahari, awan, dan titik hujan yang sudah kami peroleh di google atau pinterest.

Masuk ke halaman penyimpanan data di pc/laptop. Klik kanan pada foto dan pilih COPY lalu beralih ke halaman Ms. Word, klik kanan dan pilih PASTE. Foto akan tersembunyi di belakang design pelangi yang kita buat. Geser sedikit kotak persegi seukuran buku dan kita akan menemukan foto yang barusan kita pindahkan. Klik kanan pada foto dan pilih TEXT WRAPPING lalu IN FRONT OF TEXT. Setelah itu sesuaikan ukuran awan, matahari, dan tetesan air hujan seperti yang diinginkan. Pindahkan semuanya ke bawah di bagian halaman yang masih kosong.

Pola sudah selesai dan bisa diprint. Namun pola ini akan memakai banyak tinta. Untuk berhemat, kita bisa membuat pola yang lebih simpel sebagai berikut.

Pola Pelangi Quiet Book
Pola Pelangi Quiet Book

Hilangkan warna pada satu bagian pelangi dengan mengklik menu SHAPE FILL dan pilih opsi NO FILL. Turun ke bawah dan pilih menu SHAPE OUTLINE lalu klik kotak warna hitam. Aktifkan bagian pelangi yang lain, satu per satu atau sekalian, tekan DELETE pada keyboard. Aktifkan juga kotak berukuran buku dan DELETE.

Sekarang kita hanya punya empat item di halaman Ms. Word yaitu satu bagian pelangi, awan, matahari, dan raindrop. Posisikan agar rapi dan kita sudah selesai. Silahkan print pola dan aplikasikan pada halaman buku quiet book tema pelangi.

Ps. Karena pola ini tersimpan dalam bentuk Text atau Doc, kami belum bisa menyertakan langsung di halaman ini. Kami akan belajar dulu bagaimana cara menyertakan downloadable file di wordpress. Semoga segera ya, hehe.

Selamat mencoba^^.

Pamulang, 6 Juli 2019

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: