Resep Cumi Masak Bawang

Cumi Masak Bawang
Cumi Masak Bawang

Bismillah

Kami update resep harian dulu ya. Berdasarkan menu yang ada di awal halaman blog ini, kami menulis seputar resep dan makanan, dunia craft dan menjahit, serta ringkasan bacaan atau buku yang kami baca. Namun karena blog ini tidak lain adalah tempat berbagi kegiatan dan pengetahuan kami, mungkin nanti ada tulisan yang tidak bisa dikategorikan ke dalam tiga jenis menu di atas seperti traveling atau kesehatan. Untuk sementara waktu, kami akan mengumpulkannya dalam satu Tag khsus sesuai tema. Jika artikelnya cukup banyak akan kami buatkan menu atau sub menu sendiri.

Resep masakan yang kami bagi di blog ini bersumber dari uji coba di dapur kami. Uji coba dalam arti benar-benar mencoba memadukan aneka bumbu dan bahan. Ada juga ujicoba menggunakan resep yang sudah beredar di blog lain dan akun media soalnya lainnya. Resep cumi masak bawang ini adalah resep di keluarga suami. Sebenarnya kami tidak belajar langsung melainkan hanya melihatnya dengan seksama ketika makanan ini dihidangkan serta saat beberapa kali pulang ke kampung suami sekilas melihat proses pembuatannya. Satu dua masukan dari suami berhubung dari kecil beliau sering melihat proses memasaknya.

Nama asli masakan ini kami tidak tahu, hehe. Kami menamakannya Cumi Masak Bawang karena bahan yang digunakan dominan menggunakan bawang, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang alias bawang prei. Jumlahnya pun cukup banyak dan bawang ini memberikan rasa manis dan gurih yang khas pada masakan ini. Aslinya, masakan ini menggunakan cabe rawit yang banyak sebagaimana khasnya masakan Jawa Timur yang pedas. Berhubung kami masih dalam proses pemulihan asam lambung, cabe rawit kami skip dan tidak kami ganti dengan cabe lain. Di resep kami akan cantumkan.

Resep Cumi Masak Bawang

Bahan:

  • 500 gram cumi segar, buang tulang punggungnya dan potong sesuai selera;
  • 10 butir bawang merah, iris halus;
  • 10 butir bawang putih, iris halus;
  • 5 tangkai daun bawang, iris halus;
  • 10 butir cabe rawit, tambahkan jika suka pedas, iris halus;
  • 150-200 ml minyak goreng;
  • Garam secukupnya.

Cara membuat:

  1. Panaskan wajan, masak cumi dengan api sedang hingga airnya menyusut atau habis;
  2. Tuang minyak goreng dan bahan lainnya, masak hingga matang;
  3. Pindahkan ke wadah dengan meniriskan minyak yang tersisa terlebih dahulu.

Simpel sekali bukan? Tingkat kematangan disesuaikan saja dengan keinginan sendiri. Jika dimasak dalam waktu yang lama dan sangat matang cuminya tentu akan sedikit lebih kenyal. Jika ingin cumi yang lembut tentu dimasaknya tidak lama.

Minyak goreng sisa memasak cumi ini bisa digunakan untuk menumis sayur atau bumbu lainnya. Rasa gurih yang tersisa pada minyak tersebut akan memberikan rasa yang kaya pada masakan.

Pamulang, 8 Juli 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: