Resep Ikan Kembung Kuah Cabai

Ikan Kembung dengan Kuah Cabe
Ikan Kembung dengan Kuah Cabe

Bismillah

Ikan kembung mengandung asam lemak omega 3 yang disebut-sebut sebagai zat paling dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahkan beberapa ilmuan mengklaim bahwa kandungan omega 3 pada ikan kembung lebih tinggi daripada kandungan zat serupa pada ikan salmon. Ikan salmon yang dijual dengan harga fantastis sebagian besarnya adalah hasil penangkaran atau ternak tambak laut. Walaupun tetap sama-sama dari laut, tentu saja ikan kembung yang ditangkap dari laut lepas memiliki khasiat yang lebih baik daripada ikan hasil ternak manusia. Begitu kiranya cara berfikir kami.

Ops, bukan berarti kemudian kita tidak mau memakan ikan salmon sama sekali ya. Perlu diingat bahwa mengasup sumber nutrisi yang bervariasi jauh lebih baik bagi tubuh daripada mengkonsumsi sumber nutrisi yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Agar kandungan nutrisi di dalam ikan terjamin, kita harus memperhatikan proses pengolahannya. Proses memasak yang terlalu lama disebut dapat merusak nutrisi. Menggoreng ikan kembung sampai garing tentu saja sangat menggiurkan. Namun memasak dengan cara menggoreng saja sebenarnya disarankan untuk tidak dilakukan setiap hari. Membiarkan ikan kembung berenang dalam minyak panas dalam waktu cukup lama tentu akan menghilangkan zat-zat yang kita incar.

Berbagai cara mengolah ikan kembung beredar di dunia maya bersama dengan ribuan resep, bisa dilihat di instagram, facebook, atau google, diantaranya adalah digoreng, dibakar, dipanggang, dikukus, dipepes, atau dipindang, dan asam pedas. Kali ini kami hendak berbagi resep ikan kembung yang dimasak dengan cara diungkep menggunakan bumbu cabai. Sekilas mungkin mirip dengan asam pedas namun yang tidak begitu kental dan tidak berkuah banyak.

Kembung Kuah Cabai
Kembung Kuah Cabai
Resep Ikan Kembung Kuah Santan

Bahan dan rendaman:

  • 4 ekor ikan kembung (1/2 kg), bersihkan dan sayat setiap sisinya;
  • 3 sdm air jeruk nipis;
  • 1 sdm garam halus;
  • 2 lembar daun jeruk;
  • 1 batang sereh;
  • 50 ml minyak goreng;
  • 150 ml air.

Bumbu cabai, haluskan;

  • 10 buah cabai merah keriting;
  • 5 buah butir bawang merah;
  • 3 siung bawang putih;
  • 1 sdm gula aren sisir;
  • Garam laut secukupnya.

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam halus, diamkan 30 menit;
  2. Cuci bersih ikan dan tiriskan;
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga wangi;
  4. Masukkan daun jeruk dan sereh, masak hingga bumbu matang;
  5. Masukkan ikan, masak sebentar;
  6. Tuang air, aduk rata, dan tutup wajan;
  7. Masak dengan api kecil hingga bumbu mengering.

Jangan lupa untuk membalik ikan sekali saja selama proses memasak. Membolak-balik ikan akan membuat dagingnya rusak sehingga tidak sedap dipandang. Makanan, penamilan dulu baru rasa. Ya, makanan yang eye catching lebih mengundang selera.

Oh iya, di sini kami menggunakan minyak goreng bekas memasak Cumi Masak Bawang. Rasa gurih cumi dan bawang tentunya tertinggal di minyak ini. Minyaknya masih bening karena hanya dipakai sekali saja. Untuk menambah rasa kami juga iseng menambahkan madu sarang ketika menghaluskan bumbu, hehe. Sebenarnya ini kebetulan saja karena di kulkas ada sisa madu sarang. Kami membeli madu ini buat sekedar mencoba karena sedang heboh dan fenomenal. Eh, ternyata kami tidak begitu suka. Rasanya, rasa sarangnya seperti gulali.

Ya, sebenarnya menambahkan madu ke dalam masakan hanya memberikan rasa manis yang khas dan enak tentu saja, tetapi khasiat madunya pasti sudah tidak ada ya. Khasiat madu akan hilang ketika terpapar panas berlebih. Yang terbaik adalah melarutkan 2 sdm madu ke dalam 200 ml air hangat atau air biasa, lalu diminum pagi sebelum makan dan sebelum tidur. Sebelum tidur, bukan berarti setelah minum madu langsung tidur ya. Ada baiknya tetap minum air putih setelahnya.

Pamulang, 10 Juli 2019

One thought on “Resep Ikan Kembung Kuah Cabai

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: