Pola & Tutorial Membuat Busy Book Biota Laut

Busy Book Biota Laut
Busy Book Biota Laut

Bismillah…

Halaman buku ini lumayan ramai karena beberapa waktu yang lalu kami sudah membuat beberapa hewan laut sehingga ketika membuat tutorial foto ini, kami tinggal menggunakannya dan menambahkan empat biota laut lainnya yang polanya kami dapatkan dari Elifce. Seperti biasa, link akan kami sertakan di bagian akhir postingan ini.

Bahan yang kita perlukan untuk membuat tutorial busy book flanel biota laut ini adalah sebagai berikut:

  • Kain flanel, sesuaikan dengan warna yang dibutuhkan;
  • Halaman buku terbuat dari kain katun jepang yang sudah ditempel kain keras;
  • Mata boneka;
  • Eyelet;
  • Ring besi kecil yang biasa digunakan untuk membuat gantungan kunci/aksesori;
  • Mute berbentuk hewan laut;
  • Magnet ukuran 1-2 cm;
  • Stik es krim atau karton tebal;
  • Tali satin;
  • Mutiara belah bentuk bunga tipis mini;
  • Pita grossgrain hijau, kuning, jingga dengan gradasinya.

Alat yang kita perlukan untuk membuat konten quiet book ini adalah:

  • Mesin jahit lengkap;
  • Gunting kain, gunting kertas, dan gunting zigzag;
  • Alat pembolong dan pasang mata ayam sesuai ukuran;
  • Lem tembak serta lilin;
  • Tang kecil.

Sekarang mari kita mulai melihat proses pembuatan buku bayi ini dari awal hingga akhir melalui foto berikut. Keterangan kami sertakan di bawah foto seperlunya dalam bentuk paragraf.

Gunting kain flanel sesuai dengan pola hewan laut yang tersedia. Jahitkan kain yang sudah digunting sesuai pola ke kain polos sewarna atau berbeda warna tergantung kebutuhan. Rapikan jahitan dan gunting sisa kain flanel. Khusus untuk bintang laut, gunting sisa kainnya menggunakan gunting zigzag.

Pasang mata boneka atau eyelet sesuai dengan kebutuhan. Untuk hewan yang dipasangi mata boneka, pasang juga ring mini di salah satu sisinya. Gunakan alat pasang eyelet untuk eyelet, lem tembak untuk memasang mata boneka, dan tang kecil untuk memasang ring mini.

Jahit kain flanel air laut atau ombak yang sudah berpola ke kain yang belum berpola. Gunting sisa di bagian atas dengan gunting zigzag. Sisa guntingan ini jangan dibuang. Gunting lagi satu sisi lainnya dengan gunting zigzag. Jahitkan kain flanel air laut dan sisa guntingan kain flanel tadi ke halaman buku. Susun agar terlihat natural.

Jahit mute biota laut ke halaman buku atau lebih tepatnya ke kain flanel bergelombang dengan jarum jahit tangan. Pasang mutiara belah bunga mini ke kain flanel air laut dengan lem tembak.

Susun pita grossgrain berselang-seling warna dan jahit bagian bawahnya ke sisi bawah halaman busy book flanel. Ambil tali satin, jahit salah satu ujungnya ke sisi bawah halaman buku flanel. Pasang mute binatang laut, masukkan tali satin melalui celah pita grossgrain lalu jahit ujung lainnya ini ke halaman buku.

Ambil stik es krim/karton dan tali satin. Lem salah satu ujung tali satin ke stik es krim dan lem ujung lainnya melingkari magnet. Bungkus batang stik dengan kain flanel, jahit rapi, dan gunting. Lakukan hal yang sama pada magnet.

Memancing di Lautan
Memancing di Lautan

Susun binatang laut yang sudah jadi dengan menyelipkannya ke kain flanel berbentuk ombak. Sampai di sini halaman buku bayi yang berisi tema biota laut sudah selesai dan siap untuk dibinding bersama konten atau halaman buku flanel lainnya.

Silahkan donlot pola langsung ke sumber aslinya, VK/elifce. Semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Jika teman-teman membuat konten ini, kami tentu sangat senang jika teman-teman mau berbagi foto dan pengalaman. Silahkan komen di bawah postingan ini atau tag kami di ig @ummuhanif.craftworld.

Ruang Baca Kemuning, 24 Juli 2019

6 thoughts on “Pola & Tutorial Membuat Busy Book Biota Laut

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: