Pola dan Tutorial Membuat Halaman Busy Book Flanel Habitat Laut

Bismillah…

Jadwal Unggah Video Tutorial Baby Busy Quiet Book

Wow, luar biasa perjuangan kami untuk mengikuti jadwal unggah video yang kami tetapkan. Kami merencanakan mengunggah video tiga kali seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Diunggah sekitar pukul 16.00-21.00 WIB. Sebenarnya kami ingin rutin di pukul 16.00 WIB. Namun demikian, kami juga perlu mengupdate blog agar link pola gratisnya dapat disertakan di deskripsi akun Youtube Baby Book TJR. Dengan begitu teman-teman bisa dengan mudah mengunduh dan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Pekan ini adalah pekan kedua. Walaupun terseok-seok mengikuti jadwal, kami ingin berkomitmen melaksanakannya sehingga tiba di suatu titik dimana jadwal tersebut menjadi habit. Tentu saja jadwal unggah video bisa berubah tergantung situasi kami di rumah. Maklum ya, ibu rumah tangga ^^.

Untuk membiasakan diri dengan jadwal tersebut kami tampaknya harus menunda dulu keinginan untuk posting tulisan mengenai hal lain di blog ini. Sebenarnya ada banyak draft tulisan yang kami simpan baik terkait rihlah, kajian, seminar dan pelatihan yang kami ikuti, ataupun resep-resep baru yang sudah kami coba dan sukses.

Busy Book Tema Biota Laut Bahan Katun dan Flanel

Di halaman buku ini ada ikan hiu, ikan kecil, kerang, mutiara, ubur-ubur, kura-kura, karang, dan lain sebagainya. Bunda bisa mengenalkan kepada anak tentang spesies yang hidup di bawah laut sana. Beragam biota laut yang pernah kita temui dan masih banyak lagi yang belum pernah kita lihat sama sekali baik melalui layar (baca: google) ataupun secara langsung. Kekayaan alam di bawah laut, sama halnya dengan makhluk hidup di darat dan udara, adalah karunia dan ciptaan Allah. Dengan begini, secara tidak langsung bunda bisa mengenalkan Allah Sang Pencipta kepada anak-anak dan mengajarkan tauhid tanpa harus menjelaskan dalam bahasa yang rumit dan teoritis.

Baca juga: Pola dan Tutorial Membuat Halaman Tema Pelangi

Selain menanamkan nilai, halaman quiet book tema hewan laut ini berguna untuk melatih saraf motorik halus atau fine motor skill anak usia di atas dua tahun. Skill membuka rits atau resleting akan membantunya belajar mengenakan sendiri baju yang ada ritsnya atau membuka dan menutup tas.

Anak-anak juga belajar menggeser benda pada permukaan datar ke seluruh arah atau ke arah tertentu. Selain itu, kami sertakan juga di sini materi untuk memasang dan melepas tali. Lalu mengambil ikan kecil dan memasukkannya ke dalam mulut ikan besar atau hiu. Bunda dapat menambahkan magnet jika mau sehingga di halaman ini ada aktivitas memancing.

Untuk melatih daya imajinasi anak, bunda bisa membimbing anak memainkan material yang bisa dilepaskan, yaitu ikan besar dan kecil, memainkan ikan di udara dalam gerakan naik turun yang berirama seakan-akan ikan sedang berenang di laut lepas. Imajinasi yang menyenangkan. Oh ya, jangan lupa sertakan cerita Nabi Yunus as. yang ditelan ikan saat melarikan diri dari kaumnya yang ingkar kepada Allah.

Pola Gratis Busy Book Tema Hewan/Biota Laut

Pola untuk quiet book flanel halaman hewan laut ini ada dua lembar. Lembar pertama, lembar ikan hiu adalah pola milik Sorokina ‘My Craft’. Sedang pola lembar kedua adalah pola yang kami buat dengan menggabungkan pola yang kami peroleh di Pinterest dengan pola sederhana yang kami buat dengan Ms. Word. Lembar kedua berisi terumbu karang, ikan kecil, dan gelombang laut.

Unduh pola flanel ikan paus di sini!

Unduh pola flanel laut ikan kecil, terumbu karang, dan gelombang laut, di sini!

Material yang Dibutuhkan untuk Membuat Busy Book Biota Laut

Bahan yang tidak boleh ketinggalan tentu saja halaman buku yang terbuat dari kain katun berlapis kain keras atau staplek. Jika bunda tidak ingin repot, gunakan saja kain felt sebagai halaman buku. Kain felt aneka warna, kancing kayu karakter hewan laut, mutiara karakter hewan laut, mutiara beras slime, rits, kain tile halus, dan plastik mika PVC atau plastik yang biasa digunakan untuk alas meja. Ketebalannya terserah kepada bunda. Sebaiknya jangan terlalu tipis dan jangan terlalu lebar.

Sekian dulu postingan tentang spesies laut ini, jika postingan kami dirasa bermanfaat silahkan dibagikan agar manfaatnya semakin menyebar kepada sesama ibu di luar sana. Jangan lupa juga mampir ke akun Youtube kami dan untuk mendapatkan update secara langsung, silahkan subscribe dan klik tanda lonceng.

Salam,

Ummu Hanif

One thought on “Pola dan Tutorial Membuat Halaman Busy Book Flanel Habitat Laut

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: