Buku Kejayaan Khalifah Harun al Rasyid

Bismillah

Hai, kami menemukan buku baru di salah satu toko buku. Bercerita tentang sejarah kejayaan Islam di masa Abbasiyah dengan khalifahnya yang hampir tidak ada umat Islam yang tidak mengenalnya, Harun al Rasyid. Khalifah yang menjadi buah tutur dalam karya legendaris 1001 malam. Seperti biasa, kami belum selesai membaca buku ini tapi sudah tidak sabar ingin berbagi kepada teman-teman.

Info Buku
  • Judul buku: Kejayaan Harun al Rasyid: Legenda Sang Khalifah dan Kemajuan Peradaban pada Zaman Keeemasan Islam
  • Judul asli: The Caliph’s Splendor: Islam and the West in the Golden Age of Baghdad.
  • Terbit di Amerika tahun 2012 dan terbitan pertama di Indonesia pada awal tahun ini, Januari 2019
  • Penerbit:¬† Pustaka Alvabet
  • Penulis: Benson Bobrick

Kami sangat menyukai gaya penulisan buku tentang Harun al Rasyid ini. Berbeda dengan buku sejarah yang terkesan berat dan membosankan, Benson mampu menghadirkan situasi pada masa kekhalifahan tersebut dengan bahasa yang ringan dan mengalir. Bisa dikatakan bahwa ini adalah buku sejarah yang kaya akan fakta dan data namun ditulis dengan gaya novel. You will not sleepy!

Kajian sejarahnya cukup kaya. Kami mendapatkan banyak informasi baru terkait dengan pemerintahan Harun al Rasyid walaupun sudah beberapa buku kami baca sebelumnya dan beberapa ceramah kami dengarkan. Sejarah Harun al Rasyid yang kami baca selama ini berpusat sepenuhnya pada cerita sang Khalifah namun di buku ini kita dapat menemukan bagaimana kondisi wilayah di luar kekuasaan Abbasiyyah dan hubungannya dengan kerajaan Islam yang luar biasa bersinar di abad itu.

Namun, sekali-kali kami mengeryitkan dahi dan di sana-sini kami temukan bahasa yang sedikit kasar (atau setidaknya menurut kami) bagi kita umat Islam. Di beberapa tempat kami tiba-tiba ‘nyeletuk’, “masa iya”? Tapi perlu digarisbawahi bahwa penulis buku ini adalah outsider, non muslim, pakar sejarah yang sepenuhnya fokus menyampaikan data yang dia peroleh.

Kita bisa menjadikan buku ini sebagai jembatan untuk melihat bagaimana cara pandang orang Barat terhadap Islam dan masa kejayaannya. Sayangnya lagi, sumber bacaan yang tercantum di daftar pustaka, tidak satupun yang berbahasa Arab. Walaupun banyak buku rujukan yang ditulis oleh nama-nama yang familiar di telinga kita (orang Islam) tetap saja buku-buku tersebut ditulis dan diterbitkan di negara-negara Barat.

Namun demikian, Benson banyak menuliskan pengakuan terhadap penemuan dan karya ilmuwan Islam dan bagaimana kontribusinya dalam mempengaruhi munculnya revolusi Industri serta kehidupan modern yang dinikmati orang-orang Barat sekarang. Selain itu beliau juga mengetengahkan fakta bahwa ketika jalanan Baghdad di malam hari diterangi lentera sehingga benderang layaknya siang, di Eropa, rakyatnya masih belum mengerti tentang sanitasi. Got-got dipenuhi sampah bahkan kotoran manusia. Jika kita tarik ke masa sekarang, dapatlah kita katakan Eropa dan Amerika berada pada posisi Baghdad di masa lalu dan kita, adalah Eropa di masa itu. Sungguh ironi!

Kami menyarankan untuk membaca sejarah yang ditulis oleh ulama Islam agar tidak salah dalam menyikapi masa lalu. Masa lalu atau sejarah penting untuk dipelajari karena mengenal masa lalu membantu kita mengenal diri kita saat ini. Kejayaan masa lalu mampu memberikan rasa bangga dan membangkitkan ghirah perjuangan agar kejayaan di masa lalu dapat kita wujudkan lagi.

So, ringkasnya, buku ini kami sarankan untuk teman-teman yang ingin mengetahui sejarah keemasan Islam di masa Abbasiyah namun tidak tertarik dengan bacaan sejarah yang berat. Sekali jangan lupa, perkaya informasi dari berbagai sumber terpercaya.

Selamat membaca!

Ummu Hanif.

Beli buku di salah satu merchant di marketplace. Link di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: