Quiet Book with Simple Task for 3 Years Old Toddler

Hello, Bunda!

Merima Orderan Quiet Book Custome

Setelah mempertimbangkan banyak hal, kami memutuskan untuk menerima orderan custome. Ya, sekarang Bunda bisa memesan quiet book sesuai keinginan. Berita menyenangkan, bukan?

Orderan custome pertama yang kami terima adalah busy book untuk anak usia 3, 4, dan 5 tahun sekaligus. Dipesan oleh seorang mahasiswa di daerah Kalimantan. Sepertinya untuk tugas akhir.

Ternyata yang membutuhkan buku edukasi flanel ini tidak hanya Bunda yang punya dedek bayi loh. Setelah kami baca-baca sedikit, banyak juga mahasiswa yang memesan buku bayi ini untuk kepentingan penelitian.

Pilihan Aktivitas Quiet Book

Saat memesan buku aktivitas bayi ini, customer kami memberikan panduan yang jelas tentang aktivitas yang diinginkan. Semua aktivitas tersebut disesuikan dengan panduan yang dipelajari di kampus. Berikut aktivitas quiet book yang cocok untuk balita berusia 3 tahun sesuai dengan arahan tersebut:

Puzzle Sederhana

Kemampuan otak balita mencerna informasi berkembang sesuai tahapan usianya. Anak berusia 3 tahun dapat diberikan kegiatan yang mudah dan simpel. Jika aktivitas diberikan tidak sesuai dengan tahap dimaksud, balita bisa merasa frustasi.

Melalui kegiatan menyusun puzzle anak-anak dapat melatih kemampuan daya ingat, problem solving, mengenal warna dan bentuk.

Aktivitas Puzzle untuk melatih saraf motoric dan daya fokus anak
Halaman aktivitas puzzle

Mengenal Bentuk dan Menggunakan Zipper

Ada tiga bentuk sederhana yang bisa diperkenalkan kepada balita usia 3 tahun, yaitu segitiga, persegi, dan lingkaran. Aneka bentuk ini dikenal juga sebagai bentuk trigonometri. Bentuk-bentuk dasar ini dapat dikembangkan menjadi beragam bentuk lainnya, seperti persegi menjadi persegi panjang, segitiga sama kaki menjadi segitiga sama sisi, dan bulat atau lingkaran menjadi oval.

Salah satu halaman aktivitas busy book untuk anak 3 tahun, yaitu trigonometri.
Halaman Aktivitas Trigonometri

Konsep Hitungan

Saat bermain dengan anak atau ketika menidurkan mereka, Bunda sering menyanyikan lagu anak-anak, bukan? Secara tidak langsung Bunda mengajarkan beberapa pengetahuan melalui kegiatan tersebut. Familiar dengan lagu yang liriknya sebagai berikut:

Satu, satu, aku sayang ibu

Dua, dua, aku sayang ayah

Tiga, tiga, sayang adik-kakak

Satu dua tiga, sayang semuanya

Sadar atau tidak, anak belajar mengenai urutan angka melalui lagu ini. Tidak hanya itu, dalam kegiatan sehari-hari di rumah, Bunda sering mengucapkan kata satu, dua, tiga untuk berbagai aktivitas. Jadi, tidak sulit untuk mengenalkan angka dan konsep hitungan kepada balita.

Konsep hitungan 1-5 tanpa angka

Video Bermain Busy Book

Bermain Busy Book

Perlu diingat bahwa balita, di setiap tahap perkembangannya, dan di setiap aktivitas yang dilakukannya membutuhkan pendampingan Bunda. Walaupun dapat dikatakan bahwa buku flanel ini aman untuk balita dari segi material atau bahan, tetap saja, sebaiknya Bunda tidak membiarkan anak bermain sendiri.

Namun, jangan pula Bunda bersikap tidak sabar ketika menemani mereka bermain. Sebagai pembelajar, anak-anak pastinya melakukan kesalahan. Biarkan mereka menemukan solusi atau bimbing mereka menemukannya.

Salam hangat untuk para Bunda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: