Mengasah Saraf Motorik Balita dengan Busy Book

Instagram dan Youtube Ummu Hanif

Bismillah

Wow, sekian lama kami tidak muncul ya. Dalam beberapa waktu belakangan banyak yang terjadi. InsyaAllah semua baik-baik saja. Selama off dari blog, kami tetap berusaha tetap update di Ig. Terutama Ig @ummuhanif.busybook. Saat ini fokus utama kami memang pada Ig tersebut. Ig yang memuat aktivitas kami seputar produksi busy book. Teman-teman juga bisa menemukan video tutorial di sana. Video lengkap dengan kecepatan normal ada di Youtube Ummu Hanif.

Ig tersebut kami buat dengan tujuan berbagi manfaat kepada ibu-ibu di luar sana. Semoga dengan adanya Ig dan channel Youtube Ummu Hanif teman-teman dapat terinspirasi. Baik sebagai seorang guru bagi anak-anak di rumah atau sebagai mompreneur.

Sebagai ibu, tentunya banyak impian dan harapan yang dipupuk sejak anak masih dalam kandungan hingga kelak ananda dewasa. Impian itu perlu disertai usaha maksimal mewujudkannya. Dengan busy book, busy mat, busy board, dan aneka produk edukasi lainnya, ibu bisa mengeksplorasi bakat dan kemampuan si kecil.

Sebagai seorang mompreneur, ibu bisa menjadikan ide-ide yang kami bagikan sebagai langkah awal memulai usaha. Bisnis yang bisa dilakoni dari rumah tanpa harus meninggalkan buah hati kepada pengawasan orang lain.

10 Halaman Aktivitas Busy Book

Busy book yang kami buat biasanya memuat 10 halaman aktivitas. Selain 2 halaman cover yang biasanya berisi aktivitas simpel. Kadangkala, bisa halaman kosong saja.

Tidak ada pedoman khusus berapa halaman idealnya sebuah busy book. Semua tergantung kepada si krafter atau kepada kastamer. Oke, kita akan jujur saja. Semua tergantung kepada budget kastamer.

Kemampuan daya beli masyarakat Indonesia (jika Indonesia adalah target market) menjadi faktor utama dalam produksi sebuah produk. Tidak terkecuali busy book. Para pengrajin harus memutar otak bagaimana membuat produk yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Buku kami rata-rata berkualitas premium. Kami menggunakan kain katun jepang yang lembut. Kain yang kasar dapat mengiritasi kulit bayi. Padding halaman dengan busa setebal 0,4-0,5 mm. Sementara detailnya kami buat dengan kain felt kaku. Kain ini dikenal dengan nama hard felt.

10 halaman buku kualitas premium kami jual dengan harga Rp 400k-600k. Harga buku dengan spesifikasi yang sama, bervariasi. Harga dipengaruhi oleh detail yang kami gunakan. Mahal? Tergantung ketebalan dompet ya, hehe.

Tapi jangan kahwatir, jumlah halaman buku bisa direquest. Kami pun sedang berusaha membuat buku flanel yang ekonomis. Harganya tentu akan sangat bersahabat ya.

Mengenal Aktivitas Busy Book

Diantara aktivitas busy book, dapat kami kenalkan beberapa sebagai berikut:

Mengenal Warna dan Memasang Sepatu

Aktivitas mengenal warna dan memasang sepatu
Mengenal warna dan memasang sepatu

Halaman 1 berisi aktivitas mengenal warna. Memasangkan warna yang sama. Anak-anak akan belajar memasang dan melepas kancing. Melepas dan memasang velcro yang terdapat pada awan.

Sementara di halaman kedua, ada banyak kegiatan yang merangsang saraf motorik. Melepas dan memasang tali ke mutsin. Belajar memasang dan melepas kait, velcro, ring pramuka, dan buckle. Tentu tidak lupa, ada keterampilan menggunakan resleting.

Mengenal Jam dan Loading Unloading Truk

Mengenal waktu dan mengendalikan gerak benda
Mengenal waktu dan loading truk

Halaman 3 memuat keterampilan menggerakkan benda. Menggerakkan benda ke kiri dan ke kanan, ke atas dan ke bawah. Melepas pasang kancing kayu dan kancing jepret. Lalu, ada latihan mengisi dan mengosongkan bak truk.

Di halaman sebelahnya terdapat jam. Jam ini memuat 12 angka yang bisa dilepas. Kami menggunakan velcro. Jarum jam ada 2, 1 jarum menunjukkan jam dan jarum lainnya menunjukkan menit. Jarum jam ini mudah sekali digerakkan. Sekarang mari kita minta anak menunjukkan pukul berapa azan Zuhur.

Melatih Sensitivitas Tangan

Menggeser benda dan menemukan harta karun.
Sequin reverse dan snail

Kami menambahkan kain sequin reverse di halaman kelima. Perlu diingat, walaupun semua bahan di sini aman untuk balita, orang tua perlu bijak untuk memberikan mainan sesuai dengan usia. Kain sequin menurut kami baru aman untuk anak berusia 3-4 tahun ke atas. Lihat wajah takjub anak saat menemukan warna yang berbeda pada kain sequin. Magic! Yes, it’s magic for the toddler! Andai manusia dewasa dapat menemukan keajaiban pada hal-hal kecil, bahagia pasti dunia ini. Mulai ngawur!

Di kanannya, ada siput yang lagi ngesot di atas daun. Temani anak menggeser mutsin di dalam cangkang siput. Ajari pula mereka menggerakan mutsin di tali dan mengeluar-masukkannya ke dalam lubang-lubang daun.

Mengenal Habitat Laut

Memancing di buku bayi dan berkenalan dengan burung pelikan
Ikan dan burung pelikan

Apakah konsep rantai makanan terlalu rumit untuk anak usia balita? Oke, mari kita jelaskan saja bahwa ikan kecil adalah makanan burung di sebelah kanan. Kemudian mari kita tanyakan, apa makanan adik kecil. Interaktif yang menarik ya.

Ikan-ikan dan biota laut di sebelah kiri dapat dipancing. Tali pancingnya juga tersedia. Kami menggunakan magnet dan eyelet sebagai medianya. Jika ibu mampu menjelaskan sedikit tentang fakta-fakta biota laut dan burung pelikan, anak-anak akan sangat senang. Jangan lupa menjelaskan, bahwa kuasa Allah SWT sungguh tak terbayangkan.

Mengenal Bentuk dan Bermain Puzzle

Puzzle dan mengenal bentuk
Lebah dan puzzle

Di dalam sarang lebah itu ada 6 jenis bentuk. Ibu bisa memperkenalkan aneka bentuk kepada buah hati. Dan di halaman terakhir ada 4 keping puzzle. Mungkin ibu berfikir, gampan sekali! Ternyata tidak segampang itu bagi anak-anak, hehe.

Bagaimana kalau ibu bercerita tentang lebah yang telah Allah jelaskan di dalam surat an-Nahl? Bahwa lebah selalu mencari makanan terbaik yaitu nektar bunga. Lebah juga memberikan hasil terbaik bagi manusia, yaitu madu.

Cukup sesederhana itu. Lalu, bacakan surat tersebut saat menidurkan anak. Lanjutkan dengan murattal dari audio saat mereka sudah terlelap. Ibu kemudian bisa ikut beristirahat atau melanjutkan pekerjaan lainnya. Dan lihatlah keajaiban apa yang telah ibu ciptakan untuk mereka.

Bagaimana ibu? Terlihat menarik ya? Tentu juga terdengar mudah. Namun kami paham bahwa tugas mendidik balita tidaklah ringan. Butuh kemauan dan kekuatan luar biasa. Mari senantiasa berdo’a agar Allah SWT memberikan bimbingan dan hidayah.

Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: